5 Software gratisan untuk Mengoptimalkan kinerja PC

Apakah Komputer atau laptop anda terasa sedikit lambat? Padahal komputer anda punya resource yang dapat dibilang cukup? Banyak kasus terjadi ketika menerima service laptop, keluhan-keluhan mengenai komputer yang terasa lambat, padahal komputernya memenuhi kebutuhan standar sistem, baik itu RAM, HDD maupun Processornya.

Software optimisasi komputer tidak dapat mengatasi permasalahan komputer yang lambat dikarenakan spesifikasi hardware yang belum memadai ataupun karena hardware failure, tetapi hanya dapat menangani masalah pada software saja. Sistem Operasi windows sendiri telah menyertakan beberapa tool optimisasi bawaan yang bisa anda gunakan tetapi untuk menjalankan semua tool ini agak memakan waktu jika dibandingkan software optimisasi. Berikut ini, 5 software gratisan yang sobat bisa gunakan untuk mengatasi performa komputer yang menjadi lambat karena masalah software dan junk.

 

  1. Piriform CCleaner

CCleaner menjadi pilihan saya kali ini, dikarenakan selain ukurannya yang kecil, fitur yang disediakan juga lumayan lengkap, selain itu ada fitur active monitor yang dapat memberikan notifikasi kepada pengguna jika ada yang perlu dioptimisasi.

Selain itu, penggunaannya yang cukup mudah memungkinkan para pengguna awam mudah dalam mengoptimalkan performa komputer.

 

Advanced SystemCare /ASC adalah perangkat lunak utilitas pada komputer yang dapat berjalan di Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 yang dibuat oleh perusahaan IObit Software. Advanced SystemCare berguna untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan komputer.

 

lolo System Mechanic adalah tool optimasi yang membantu Anda menjaga sistem komputer Anda berjalan lancar. Ada banyak fitur optimasi dan pengaturan yang membantu mencegah overload RAM, update perangkat lunak yang rusak dan startups lambat. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana untuk mempercepat komputer Anda, Anda dapat melihat pengaturan optimasi untuk defrag hard drive atau mencegah tugas latar belakang yang tidak perlu.

 

PC De crapifier bisa mendeteksi dan membersihkan craplet yang terdapat di dalam komputer. Craplet adalah file yang ditinggalkan oleh program-program trial, apabila Anda banyak instal program trial, maka komputer akan sesak dengan file craplet yang jelas-jelas tidak dibutuhkan.

Program craplet bahkan juga bisa membuat peforma PC menjadi sangat lambat, karena program crappy ini akan membuat berbagai pop-up yang biasanya berisi promosi, sehingga pengguna akan terganggu dengan kemunculan pop-up tersebut.

 

Razer cortex sebenarnya bukanlah optimizer tool seperti tiga tool diatas, jika boleh dikatakan, Razer Cortex adalah tool yangmengoptimalkan kinerja PC untuk tujuan gaming. Mirip dengan aplikasi Game Booster dalam penggunaannya, hanya kelebihan Razer Cortex adalah dapat menghentikan service-service pada komputer yang tidak digunakan ketika anda menjalankan game sehingga permforma komputer anda akan digunakan seluruhnya untuk game tersebut.

Sekian dulu artikel kali ini, jika ada saran ataupun komentar, silahkan tinggalkan dikolom komentar.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *