ASUS X200MA, Error 0x0000A5 (ACPI tidak compatible) Ketika install Windows 7.

Beberapa tipe motherboard yang baru tidak lagi didesain untuk digunakan bersama Windows 7. Memang ada beberapa vendor yang sudah menyediakan BIOS Update yang kompatible dengan Windows 7, salah satunya ASUS untuk notebook X200MA, yang didesain khusus untuk Windows 8 dan 8.1. (Spesifikasi bisa cek ke sini -> Spesifikasi ASUS X200MA).

Error yang menandakan bahwa ada komponen BIOS yang tidak kompatible dengan versi Windows yang akan di install adalah munculnya Blue Screen of Dead (BSoD), tentang BSoD bisa anda baca pada artikel BSoD ini.

Kali ini, error BSoD yang muncul seperti gambar berikut ini.

Pesan error STOP yang muncul dengan kode 0x000000A5 artinya BIOS yang terinstall tidak benar-benar kompatibel dengan sistem seperti pada pesan yang tertulis pada BSoD.

“The BIOS in this system is not fully ACPI compliant. Please contact your system vendor for an updated BIOS”.

Sempat juga, coba mencari penerangan ke beberapa situs seperti tomsguide, fixya, sevenforum, pctechbytes, situs resmi ASUS, bahkan sampai ke stackoverflow tapi rata-rata hanya menyarankan untuk mengkonversi disk drive ke GPT partition style kemudian lakukan clean install, tapi hasilnya sama saja, tetap tidak bisa.

Satu-satunya dan saran paling terakhir yang saya coba adalah dengan meng-upgrade BIOS atau men-dowgrade BIOS. Sementara di situs resmi ASUS sendiri sudah disediakan versi BIOS terbaru untuk upgrade, walaupun perlu diketahui bahwa Versi BIOS yang disediakan hanya untuk Windows versi 64 bit. Setelah dicoba ternyata berhasil. Upgrade BIOS pada Notebook ASUS X200MA dapat dibilang cukup gampang karena didalam settingan Advance BIOS sendiri sudah disediakan fitur untuk meng-upgrade BIOS. Berikut langkah-langkah upgrade BIOS Notebook ASUS X200MA;

  1. Sediakan Flash Booting Windows 7 64 bit. Cara Membuat Flash Booting Windows 7 sekaligus instalasi standar Windows 7 dapat dibaca disini -> Rufus Install Windows 7.
  2. Download file BIOS dari situs resmi asus -> BIOS ASUS x200MA.
  3. Setelah itu Extract file BIOS dan simpan kedalam flash booting yang telah dibuat, langsung copy dan paste seperti biasa saja.
  4. Setelah itu hubungkan Flash Disk booting tadi ke target notebook ASUS, kemudian tekan f2 (atau fn+f2), setelah masuk ke BIOS, pilih menu Advance -> pilih Start Easy Flash.
  5. Setelah itu, anda akan dibawa ke halaman Flashing BIOS, kali ini gunakan arah panah pada keyboard untuk memilih file BIOS tadi, kemudian tekan Enter.
    Dari gambar, (1)Versi BIOS saat ini, sedangkan disampng kananya ada versi BIOS yang akan diupgrade tapi hanya akan muncul detailnya jika telah memilih file BIOS baru dan enter. (2). Disk Drive yang terdapat pada Notebook. (3). File BIOS yang telah diisi dalam Flash Disk. (4). Bantuan Tombol yang dapat anda gunakan.
  6. Setelah tekan Enter, BIOS akan mulai dihapus dan kemudian di-upgrade, perkiraan waktu Flashing sekitar 3 menitan. Ketika muncul pesan Apakah ingin mengupdate BIOS? Pilih saja YES.
    BIOS Akan mulai dihapus

    Setelah itu dilanjutkan dengan Programming BIOS yang baru,
  7. Jika sudah selesai, maka Notebook akan shutdown dengan sendirinya, silahkan hidupkan ulang, kemudian masuk lagi ke BIOS -> Menu Advance -> pada menu Support OS, pilih Windows 7. Kemudian Restart, dan mulailah menginstall Windows 7 pada Notebook ASUS X200MA anda.

Sekian untuk artikel kali ini, jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan dikomentar. Btw, gambar-gambar diatas rata-rata diambil dari google, creditnya kembali ke yang punya (siapa saja boleh :p), soalnya waktu upgrade BIOS tidak ada gambar yang diambil sama sekali, hehehe.

 

Salam, jj.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *