Download seluruh artikel publikasi sebuah website dengan HTTrack

Anda mungkin sering membaca artikel atau tulisan-tulisan di internet khususnya dari website-website seperti wikipedia, portal berita ataupun situs tutorial favorit anda. Tentu saja untuk membaca artikel-artikel tersebut anda membutuhkan koneksi internet. Tapi pernahkah anda berpikir untuk membaca konten artikel tersebut ketika sedang offline, mungkin saja ketika anda sedang dalam perjalanan ke tempat yang sinyal internetnya lambat atau mungkin ketika anda menggunakan PC yang tidak dapat tersambung ke internet?

Solusinya, anda bisa menggunakan HTTRACK Website Copier, yaitu aplikasi yang memungkinkan anda untuk mendownload seluruh isi website yang dapat dibaca oleh publik, dalam bentuk HTML. Memang browser-browser modern sudah menyediakan fungsi “Save Page As” untuk menyimpan satu persatu halaman yang ingin anda simpan untuk dibaca nanti, namun selain menambah berat browser anda, terkadang beberapa konten justru tidak bisa ditampilkan. Ada juga addon browser seperti scrapbook yang sudah bisa menutupi kekurangan fitur “save page as” tadi, namun tetap saja, halaman yang bisa disimpan adalah halaman yang terbuka saja.

HTTrack Website Copier bisa dikatakan sebagai aplikasi browser offline yang cukup mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan anda men-download konten World wide web dari internet ke direktori lokal dan kemudian menyusun keseluruhan direktori secara rekrusif, menyimpan file dalam bentuk html, gambar dan file lainnya dari server ke kompiter anda. Kelebihan HTTrack adalah mengatur struktur link secara relatif sesuai dengan link pada situs asli. Ibaratnya cermin, secara offline anda dapat membuka link pada website lokal (yaitu yang sudah disimpan ke direktori lokal) seperti ketika anda membuka link pada website aslinya secara online. HTTrack juga dapat memperharui situs lokal anda ketika ada konten baru pada situs asli, anda cukup mengubah sedikit pengaturannya standarnya.

review_webtrack_newproject2

Cara menggunakannya:

  1. Download HTTrack disini
  2. Pilih Versi yang sesuai dengan Sistem Operasi Anda. (Biasanya secara otomatis akan muncul “We recommended”, karena situs ini secara otomatis mendeteksi sistem operasi yang anda gunakan)httrack-download
  3. Instal HTTrack dikomputer anda. Jika file ekstensi .ZIP yang anda download maka silahkan extract menggunakan aplikasi ekstraktor anda (WinRar, WinZip, 7Zip, dll).
  4. Jalankan aplikasi HTTrack, kemudian ikuti petunjuk yang disampaikan dihalaman aplikasi
    httrack-step1Kemudian, Tulis nama project dan kategori dan pilih direktori untuk menyimpan file yang akan di-download.httrack-step2Setelah itu, Pilih aksi yang akan dilakukan dalam kasus ini pilihlah pilihan “download website(s)”, kemudian jika anda ingin mengatur pengaturan lanjutan seperti kedalaman link, link eksternal dan beberapa pengaturan lain seperti proxy, silahkan pilih tombol “Set Options”.httrack-step3Setelah itu klik “Next”, pilihan terakhir ini sifatnya opsional, namun jika anda ingin langsung mendownload isi website tersebut maka pilih pilihan pertama seperti pada gambar, kemudian klik “Finish” untuk mulai mendownload.httrack-step4 Anda bisa melihat proses downloadnya setelah itu. Contohnya seperti gambar contoh dibawah ini.httrack06Setelah selesai mendownload, maka anda akan diberitahukan bahwa download sudah selesai. Perlu diketahui bahwa jika ada file yang tidak dapat diakses karena alasan keamanan maka httrack tidak akan medownloadnya kecuali anda mengisi akun dan password administrasi untuk website tersebut. Dan perlu diketahui juga bahwa aplikasi ini gratis tanpa adanya iklan pada aplikasi. Anda bisa merujuk ke situs aslinya untuk melihat detail penggunaan, pengaturan lanjutan serta FAQ untuk aplikasi HTTrack ini pada link-link berikut ini ->

Sekian dulu artikel kali ini, semoga membantu. Jika ada pertanyaan, saran ataupun koreksi, silahkan tinggalkan komentarnya.

Salam, r4ndieL

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *