Flashing Samsung Android menggunakan Odin

Apa sih Flasing?

Flashing, sebenarnya sama istilahnya dengan menginstall ulang. Jika pada Windows dikenal dengan install ulang Operating System, pada android dikenal dengan Flashing Firmware. Tidak sulit sebenarnya dalam melakukan flashing android, yang anda perlu persiapkan hanyalah cukup pengetahuan tentang apa itu flashing, bagaimana melakukannya dan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan flashing android, selain itu anda juga butuh sabar, soalnya terkadang anda akan menemukan permasalahan yang tidak ditemukan oleh orang lain sehingga dengan mencari di internet, anda tidak akan menemukan jawaban sesuai dengan permasalahan anda.

Dalam pengalaman saya, ada dua buah cara untuk melakukan install ulang andorid, yang pertama dan yang paling banyak saya gunakan adalah dengan menggunakan Flash Tools, sedangkan yang kedua adalah dengan menggunakan ODIN.

 

Apakah sama antara Odin dan Flash Tools?

Tidak juga. Jika menggunakan Flash Tool anda perlu menyiapkan firmware yang mendukung penggunaan flash tools yaitu Scatter File, Downloader agent, dan Checksum filenya, biasanya semuanya sudah ada didalam folder Firmware yang anda download. Sedangkan jika menggunakan ODIN lebih mudah lagi, karena anda hanya perlu menyediakan firmware android anda berupa md5 file. Nanti pada ODIN, otomatis akan dicek checksumnya.

Cara Flashingnya?

Siap dulu:
  1. Firmware Samsung. googling sajah. banyak.. kalau mau request, komen dibawah, ntar ane cariin gan.
  2. Cek Versi Android Samsung anda.
  3. ODIN 3 : Softpedia – ODIN 3, tapi baca dulu ODIN Versi berapa yang cocok untuk samsung anda disini Forumnya para developers XDA.
  4. Download USB SAMSUNG Driver dari sini. Kalau tidak ada bisa pake Samsung KIES atau SmartSwitch.
  5. Download Universal ADB Driver Samsung
  6. Dan untuk jaga-jaga, coba juga install ADB Fast Boot Driver ini.
  7. Kabel USB, pastikan yang masih bisa digunakan dengan baik.
  8. Komputer Windows 7. (8 ato 10 juga boleh)
  9. Mental.
Langkahnya;
  • Pastikan kapasitas batere ponsel masih diatas 30%. Untuk jaga-jaga saja sebenarnya, tapi jangan sampai mati total.
  • Install driver (ADB, Samsung USB, KIES)
  • Matikan Ponsel, lepas batre lalu pasang kembali.
  • Jalankan ODIN, klik AP lalu pilih Firmware Android yang sudah didownload tadi.
    (sumber gambar:DroidViews)
  • Tunggu sampai benar-benar terload kedalam ODIN.
  • Pada ponsel anda, masuk kedalam mode Download. (tekan dan tahan tombol Volume Down + Home + Power kemudian tunggu sampai ponsel mulai bergetar dan lepas tombol-tombol tersebut. Setelah itu tekan tombol Volume UP untuk melanjutkan ke mode Download),
  • Colok USB ke Komputer, kemudian hubungkan dengan ponsel yang sedang dalam mode download tadi. Tunggu beberapa saat sampai PORT USB Ponsel terbaca pada ODIN (Sekaligus menunggu driver ponsel diinstall).
  • Jika sudah terbaca pada ODIN Selanjutnya hilangkan centangan pada “repartition”, jika tidak kelihatan, coba lihat di tab lain pada menu-menu ODIN.
  • Jika sudah, Klik¬†“Start” dan tunggu beberapa saat hingga Firmware selesai di Download ke dalam Ponsel. Jika sudah selesai dan berhasil, akan muncul “PASS” berwarna Hijau.
  • Jika sudah selesai, ponsel akan otomatis restart. dan anda sudah bisa menggunakan ponsel anda kembali.

Tidak susah jika melakukan flashing menggunakan ODIN, jika menggunakan Flash Tool juga tidak susah, tapi untuk Flash Tool saya akan bahas pada artikel yang lainnya.

Kalau ada request, pertanyaan, saran ataupun masukan, bisa tinggalkan komentar dibawah.

Sekian dulu, Salam.. JJ

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *