Ingin Punya Website Sendiri? Lihat cara Beli domain dan Hosting.

Anda tentu ingin punya website dengan nama domain top level. Sekedar informasi, top level domain name adalah nama domain tanpa ada embel-embel didepannya atau yang biasa disebut sub domain. contoh, jika situs yang anda akses memiliki alamat url stuff.r4ndiel.com itu berarti nama domain (url) ini bukanlah nama domain top level, karena yang ada didepannya, yaitu “stuff” adalah subdomain dari top level domain r4ndiel.com. Nah, kali ini saya akan membahas tentang cara untuk membeli (lebih tepatnya menyewa) domain dan hosting, dan situs penyedia layanan sewa domain dan hosting yang akan saya jadikan contoh adalah idwebhost, bukan karena situs lainnya kurang baik tapi karena saya sudah beberapa kali memesan domain dan hosting untuk klien dan selain murah, selama ini belum ada pelayanan yang menurut saya kurang baik dari idwebhost. 🙂 Untuk lebih detail tentang idwebhost dan harganya silakan sobat cek pada halaman resminya, https://idwebhost.com/Hosting_Domain_Harga.

Update: Ternyata sudah ada beberapa artikel lain yang membahas tentang cara sewa domain dari IDwebhost, salah satunya ada di blog idwebhost sendiri.

Langsung saja.

  1. Cek ketersediaan nama domain.
  2. Pilih paket harga
  3. Pilih Domain
  4. Isi data diri (Jika belum login/belum punya akun IDWEBHOST) dan Pilih metode pembayaran,
  5. Cek email untuk konfirmasi
  6. Konfirmasi dan tahap akhir

Cek Ketersediaan nama Domain

Kunjungi halaman idwebhost.com dan pada beranda cek Domain name yang akan anda sewa, jika tersedia maka akan muncul pesan masih tersedia untuk dibeli.cek-site-order

 

Pilih pilihan beli domain dan hosting,

Pilih Paket Harga

Setelah itu anda akan disajikan pilihan paket dan harganya, setelah anda sudah menyetujuinya, klik order sekarang untuk masuk ke halaman berikutnya,02

Pilihan Domain

Dibagian ini sobat akan disajikan dengan 3 pilihan yaitu daftar domain baru, transfer domain dan order tanpa domain/layanan saja. Jika anda baru saja akan membeli domain maka silahkan pilih “daftar domain baru”. kemudian lanjutkan.

03

Data Diri & metode pembayaran

Pada halaman ini, anda akan diminta mengisi data diri, jika sebelumnya anda sudah pernah mendaftar menjadi anggota di IDwebhost maka tidak perlu lagi mengisi data diri, cukup dengan login saja. Jika baru pertama kali mendaftar maka isikan data diri anda dengan sebenar-benarnya. Jangan lupa untuk mengisi data sesuai dengan KTP anda, sedangkan untuk perusahaan, silahkan tuliskan nama situs anda atau anda bisa mengisinya dengan perusahaan anda jika ada.

keranjang-belanja-checkout-idwebhost-2016-04-06-00-26-13

Catatan: pada saat melakukan order, biasanya ada layanan tambahan yang diberikan, silahkan dicek, siapa tahu anda butuh layanan tambahan tersebut.

Sebelum memilih untuk menyelesaikan pesanan, isikan dulu metode pembayarannya, melalui transfer bank atau melalui Paypal.

Setelah itu, silahkan klik selesaikan pemesanan.

Konfirmasi Email

Setelah itu, anda akan dikirimkan pemberitahuan ke email tentang tata cara pembayaran, jumlah pembayaran dan juga pemberitahuan lainnya dari info idwebhost. Silahkan buka email anda dan ikuti arahan yang sudah dilampirkan dalam email tersebut. Invoice didalam email harus benar-benar diperhatikan agar tidak ada kesalahan pembayaran, selain itu perhatikan juga detail order yang berisi rekening-rekening IDwebhost yang dapat anda gunakan sebagai tujuan transfer.

Konfirmasi dan tahap akhir

IDwebhost memberikan 3 metode konfirmasi pembayaran yaitu melalui:

  1. Email ke billing@idwebhost.com
  2. SMS ke +6285729999951
  3. dan pengisian form konfirmasi pembayaran di halaman http://idwebhost.com/konfirmasi.

Pendaftaran yang paling mudah menurut saya adalah dengan melalui form konfirmasi (pilihan nomor 3 diatas). karena disana anda akan diminta mengirimkan bukti berupa foto struk transfer, setelah transfer anda mereka konfirmasi, pihak idwebhost akan mengirimkan kepada anda email berupa konfirmasi bahwa transferan anda telah diterima lengkap dengan foto yang tadi anda upload menggunakan form sebelumnya.

Setelah itu, pihak IDwebhost akan mengirimkan kepada anda detail informasi akun baru yang telah anda daftarkan lengkap beserta username dan password cpanel. Simpan baik-baik email ini, sebab anda akan membutuhkannya ketika anda ingin login ke cpanel hosting anda.

Setelah email ini, masih ada satu email terakhir yang dikirim oleh pihak IDwebhost tentang konfirmasi registrasi domain. Jika email ini sudah dikirimkan maka situs anda sudah siap untuk dikerjakan. Silahkan masuk ke cpanel untuk mulai membangun situs anda dengan top level domain name yang sudah anda sewa tadi.

Sekian dulu artikel untuk kali ini, jika ada pertanyaan, saran ataupun koreksi, silahkan tinggalkan pada komentar dibawah.

Salam, r4ndieL.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *