Instalasi Windows 7 – Step by step. Bingung? Tanya. :p

Installasi Windows sebenarnya tidak sulit, hanya banyak orang tidak mau mengambil resiko atau mungkin tidak ingin repot dengan hal sederhana seperti itu, katanya sih begitu. 😀

Padahal, cukup beberapa langkah mudah untuk dilakukan dan anda bisa menginstall sendiri komputer anda. Karena memang menginstall Windows di jaman sekarang tidak lagi serumit jaman dulu yang harus menggunakan beberapa buah Floppy Disk dan harus mengetik perintah di Command Prompt.

Kalau sekarang, anda hanya perlu menyiapkan 1 buah Flash Disk dengan ukurang minimal 4 GB untuk installasi Windows 7 ke atas. Selain itu anda juga hanya perlu mempersiapkan beberapa hal kecil yang tidak sulit untuk dilakukan diantaranya:

  • Flash Disk 4 GB yang kosong. (Tadi sudah)
  • ISO File berisi installasi Windows
  • Rufus.
  • Komputer yang ingin diinstall
  • Mental;
  • dan Kopi (jangan ditambahin apa-apa kalo bisa.. :D)

Langkah instalasi:

  1. Buat Flash Disk menjadi Booting Disk. Gunakan Rufus, rufus bisa didownload di situs resminya RUFUS. https://rufus.akeo.ie/ 
  2. Buka Rufus, masukkan Flash Disk, Pilih Skema partisi MBR, pilih ISO File Windows 7. Kemudian Klik “Start”.
    ISO FIle Windows 7 bisa didapat dengan mudah diinternet. Bisa didownload dari sini kalau belum punya -> https://drive.google.com/file/d/0BwhlmRj8mI2OeExIWWFXdDZkTUU/edit (64bit)
    atau  -> https://drive.google.com/file/d/0BwhlmRj8mI2ObkYtRVRoRnctNkk/edit (32bit)
  3. Setelah “Finish”. Restart PC anda, kemudian ubah urutan media boot ke Flash disk yang berisi Windows 7 tadi. Canya bisa dengan mengubah “Booting Sequence” pada BIOS atau dengan menekan tombol F12 untuk mengkases Custom Boot Sequence secara manual.
    Tekan F2 atau Delete atau F10 untuk akses BIOS.
    Tekan F12 dan;
    Pilih yang Flash Disk kemudian enter. (Di BIOS Mode, tekan F10 dan “Yes”.
  4. Setelah itu, anda akan dibawa menuju jendela Instalasi Windows, Ikuti saja sampai akhirnya selesai (woahahaha… Detailnya? entar. :))

    UPDATE:

  5. Setelah muncul kayak yang diatas, Klik Next. pilih I Agree atau semacamnya (kalau tidak salah “I Agree terms & Conditions”), Klik Next, kemudian pilih “Advance”. Jangan pilih “Upgrade”.
  6. Sampai tahapan ini, pastikan anda tahu mana yang adalah drive sistem anda (tempat terinstall Windows sebelumnya. Syukur kalau baru pertama kali install dan belum ada data di drive lainnya.) Setelah itu Format dulu Drivenya, Klik Drive Options lalu pilih Format.
  7. Setelah itu Next, dan tunggu hingga Proses Selesai.
  8. Setelah selesai dan komputer sudah restart, tinggal Isi dan pilih detail settingan untuk komputer anda. Detail ini bukan sesuatu yang fatal kalau ada kesalahan jadi tidak perlu gugup, cukup dibaca baik-baik suruhan dan keterangannya.
  9. Setelah itu Finish dah… 🙂

Sampai disini dulu, kalau memang ada kendala atau pertanyaan ataupun saran dan masukkan, tinggalkan pesan saja di kolom komentar..

 

Salam, JJ.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *