Intermezo – Fitur-fitur AIMP yang mungkin belum anda ketahui

aimp3_fire_icon_by_aablab-d2vc6vdSiapa yang tidak kenal AIMP? Pemutar musik yang banyak digunakan, bisa diperoleh disitus resminya aimp.ru. Selain pemutar suara lainnya seperti WinAmp, SongBird, Foobar2000 dan lainnya, AIMP dapat dikatakan sebagai pemutar musik yang cukup simple dan punya banyak fitur yang saya rasa cukup lengkap untuk sebuah pemutar musik. Apa saja fitur-fitur AIMP? Secara umum, selain berfungsi sebagai pemutar musik, AIMP ternyata juga memiliki beberapa fitur yang dapat kita manfaatkan.

Berikut ini beberapa fitur utama AIMP.

Sebagai Pemutar Musik

Seperti pemutar musik kebanyakan, AIMP memiliki fitur-fitur umum yang juga dimiliki oleh kebanyakan pemutar lain. Fitur-fitur tersebut antara lain;

Player Control – meliputi tombol-tombol umum seperti Play, Pause, Stop, Next, Previous, dan lain sebagainya.

Multiple Playlist – AIMP mendukung pengelompokan file-file musik dalam suatu playlist. Playlist ini dapat disimpan sehingga Anda dapat memiliki banyak playlist tanpa harus khawatir kehilangan daftar playlist tersebut. Anda pun dapat mengatur playlist sesuai dengan suasana hati anda saat itu kemudian menyimpannya untuk nanti.

Equalizer dan Audio Enhancer – seperti halnya pemutar musik yang lain, AIMP memiliki Equalizer yang membuat Anda dapat mengatur output sesuai dengan musik yang Anda dengarkan. Jika Anda tidak paham dengan Equalizer, di AIMP juga terdapat “preset” yang memuat template-template Equalizer seperti Bass, Treble, Rock, Full Bass and Treble, dan masih banyak lagi. Selain itu AIMP juga memiliki Audio Enhancer seperti Sound Effects, Volume Normalization, dan Mixing Option, semua fitur-fitur ini digunakan untuk memanipulasi suara yang dihasilkan oleh AIMP.

Fitur Add-Remove File – Fitur ini memungkinkan anda untuk menambahkan file audio ke dalam playlist baik itu secara manual satu persatu, ataupun menambahkannya dari banyak direktori/folder sekaligus. Ini pasti memudahkan kita untuk menambahkan musik ke dalam playlist dimanapun letak file musik kita di dalam folder. Untuk remove file, kita bisa menghapus dengan beberapa kondisi, misalnya hanya menghapus file di playlist yang file musiknya sudah tidak ada di harddisk kita saja. Kita juga bisa menghapus duplikat file musik di dalam suatu playlist.

Search – Fitur search ini dapat digunakan untuk mencari sebuah file lagu pada sebuah playlist berdasarkan judul, ataupun penggalan kata dalam judul yang mungkin hanya itu saja yang anda ingat dari keseluruhan kata dalam judul. Dengan begitu anda tidak perlu mencari secara manual sambil mengingat-ingat apa nama judul lagunya itu.

Sorting file – Di dalam playlist, kita bisa melakukan sorting dengan kategori tertentu. Misalnya sorting berdasarkan Judul/Title, Artist, durasi, ataupun berdasarkan Folder, dan bisa juga disorting terbalik menggunakan pilihan invert ataupun randomize untuk mengacak urutan lagu dalam playlist.

Ini adalah beberapa fitur umum dalam AIMP dengan fungsinya sebagai pemutar musik.

aimp

Sebagai Sleep Timer dan Alarm

AIMP juga memiliki fitur Sleep Timer dan Alarm yang dapat diaktifkan melalui menu Scheduler. Bayangkan ketika anda ingin tidur dengan memutar beberapa musik kesayangan anda, tapi jika menggunakan Laptop anda maka jelas pemutar anda tidak dapat mati dengan sendirinya tanpa ada pengaturan tambahan untuk sleep timer. Sedangkan AIMP, kita dapat dengan mudah mengatur kapan sleep timer akan dieksekusi.

Ada beberapa pilihan untuk Sleep timer diantaranya Shutdown, Pause Playback, Close Application, dengan pilihan waktunya adalah

  • “At time” yaitu waktu hingga pilihan Sleep timer dijalankan, misalnya anda memilih untuk mematikan laptop anda 2 jam dari sekarang maka pilihlah pilihan ini kemudian isi dengan waktu 2 jam. Anda juga bisa memilih berapa lama suara lagu yang diputar di AIMP perlahan dikecilkan (fade out the volume during <time>), jika anda ingin agar aplikasi langsung dimatikan maka tidak usah memilih pilihan ini.
  • “At the end of File”. Dengan pilihan ini, anda dapat memilih berapa banyak file yang akan diputar sebelum sleep timer diaktifkan.
  • “At the End of Queue” artinya AIMP akan memutar semua file dalam sebuah antrian. Antrian ini biasanya adalah kategori per folder atau per album, tergantung dari pilihan sorting yang anda buat seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
  • “At the End of Playlist”. Sleep timer akan dijalankan ketika semua file didalam sebuah playlist yang anda putar sudah selesai.

Sedangkan untuk Alarm, anda dapat menentukan waktu hingga timer tersebut aktif, anda juga dapat memilih file apa yang harus diputar, dan volume alarm serta ada juga pilihan untuk meningkatkan suara alarm selama beberapa waktu sesuai dengan pilihan anda.

sleep

 

Sebagai Audio Converter

Sebagai Audio Converter AIMP setelah versi 3 membutuhkan tambahan encoder, ini dikarenakan adanya memory leak ketika melakukan konversi pada AIMP versi sebelumnya yang sudah dibundle dengan encoder LAME untuk MP3. Anda bisa mendownload bundle LAME di rareware.org, Setelah itu, tutup AIMP dan silahkan copy Lame.exe dan lame_enc.dll ke folder instalasi AIMP, jika sudah maka anda dapat membuka kembali AIMP dan mulai meng-konversi file audio anda.

convert

Jika terdapat error, maka ikuti langkah dibawah ini.

  • Jika anda menggunakan LAME versi 32 bit maka masuklah ke Folder Instalasi AIMP, kemudian cari folder Encoder dan cari file Encoders.xml, rename menjadi Encoder-old.xml atau delete, Kemudian buka AIMP audio Converter untuk melihat, jika sudah ada format MP3 didalamnya maka cara ini berhasil.
  • Jika anda menggunakan LAME versi 64 bit, maka anda perlu membuka file Encoders.xml tadi dengan text editor seperti notepad++, kemudian pada bagian akhir file cari tanda tag “</encoders>”. Tempatkan kursor pada baris paling awal tanda tag tadi kemudian tekan ENTER untuk membuat sebuah baris baru, kemudian paste kode dibawah ini:
<encoder Name="Lame MP3" App="lame.exe">
 <description>
 <inputformats type="autogen">
 <autogen SampleRates="8000;11025;12000;16000;22050;24000;32000;44100;48000" SampleFormats="16" Channels="1;2" />
 </inputformats>
 <property name="Ext" value=".mp3" />
 </description>
 <presets>
 <preset Name="CBR 320 kbps INSANE" cmdparams="-b 320 -q 0 - %output%" />
 <preset Name="CBR 256 kbps" cmdparams="-b 256 -q 0 - %output%" />
 <preset Name="CBR 192 kbps" cmdparams="-b 192 -q 0 - %output%" />
 <preset Name="CBR 128 kbps" cmdparams="-b 128 -q 0 - %output%" />
 <preset Name="CBR 96 kbps" cmdparams="-b 96 -q 0 - %output%" />
 <preset Name="VBR UHQ V0 (245Kbps)" cmdparams="-V 0 -q 0 - %output%" />
 <preset Name="VBR HQ V1 (220Kbps)" cmdparams="-V 1 -q 0 --lowpass 19.7 -b128 - %output%" />
 <preset Name="VBR HQ V2 (190Kbps)" cmdparams="-V 2 -q 0 --lowpass 19.7 -b96 - %output%" />
 <preset Name="VBR STANDART V3 (175Kbps)" cmdparams="-V 3 -q 0 --lowpass 19 -b96 - %output%" />
 <preset Name="VBR PORTABLE V4 (165Kbps)" cmdparams="-V 4 -q 0 --lowpass 18 -b128 - %output%" />
 <preset Name="VBR PORTABLE V5 (130Kbps)" cmdparams="-V 5 -q 0 --lowpass 18 -b112 - %output%" />
 <preset Name="VBR PORTABLE V6 (115Kbps)" cmdparams="-V 6 -q 0 --lowpass 17 -b112 - %output%" />
 <preset Name="ABR RADIO quality 80kbps " cmdparams="---preset 80 -q0 --lowpass 15 - %output%" />
 <preset Name="ABR PHONE quality 56kbps mono" cmdparams="--preset 56 -q0 --lowpass 15 -m m - %output%" />
 </presets>
 </encoder>

Setelah itu simpan file tersebut. Setelah itu anda sudah dapat mengkonversi file suara ke ekstensi .mp3 menggunakan AIMP Audio Converter.

Sebagai Tag Editor

Apa itu Tag Editor? Tag Editor atau disebut Tagger merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengubah metadata dari file multimedia, jadi yang diubah adalah metadatanya bukan file-nya. Jika Audio Converter mengubah format file, maka Tag Editor mengubah metadata seperti author, genre, dan data-data lain yang terkandung didalam file multimedia tersebut. Biasanya Tag Editor digunakan untuk mengubah metadata file multimedia berupa audio dan image. Tujuan umumnya adalah untuk membetulkan atau mengubah metadata dan memungkinkan perunutan/sortir dan pengelompokan terhadap file multimedia tersebut seperti ketika membuat koleksi file musik, dan biasanya dapat dilakukan secara serentak terhadap beberapa file sekaligus tanpa harus mengubahnya per file.

Nah, dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Tag Editor ini dapat memungkinkan anda untuk mengubah gambar dan nama album, kepemilikan file audio, genre dan penyanyi serta metadata lainnya yang sering kita jumpai ketika memutar sebuah file lagu. Contohnya: mungkin anda pernah melihat sebuah file lagu yang didownload dari internet, ketika diputar ternyata gambar album yang muncul adalah logo dari situs tempat anda men-download file tersebut, untuk memungkinkan hal tersebut terjadi maka dibutuhkan Tag Editor ini.

tagger

Streaming Radio

Streaming Radio untuk AIMP4 sudah sangat gampang dilakukan, caranya sama seperti ketika kita akan menambahkan file lagu ke dalam playlist, bedanya kita akan menambahkan URL jika kasusnya kita akan melakukan streaming radio yang tidak memiliki file .m3u, .pls atau ekstensi file lainnya yang menyediakan link ke radio tersebut. Tetapi anda juga bisa mendownload file playlist .pls atau .m3u dari Shoutcast atau dari Icecast. Dari kedua situs ini anda dapat mendownload file .pls atau m3u, kemudian seret atau tambahkan file tersebut ke dalam AIMP, tunggu beberapa saat hingga buffering-nya selesai dan taa..daa… silahkan menikmati siaran dan lagu-lagu dari radio favorit anda.

radio

Pada gambar diatas, saya membuka situs shoutcast, kemudian mendownload beberapa playlist dalam format .m3u kemudian menambahkannya ke dalam pemutar musik AIMP, ada juga saya menambahkan URL secara manual ke dalam AIMP, untuk cara ini terkecuali anda mengetahui alamat dan port radio online yang ingin anda tambahkan. Cara untuk menambahkan URL sama dengan ketika anda menambahkan file kedalam pemutar musik AIMP, cukup klik “add” -> “URL”, kemudian masukkan alamat URL dan klik “OK”.

Stream last.fm

Untuk streaming last.fm, anda perlu mendaftar sebagai anggota pada last.frm, kemudian dengan akun anda, silahkan login melalui AIMP. Anda dapat menemukan tempat login last.fm pada AIMP di menu “preference” pada tab “plugins -> Last.fm”. Perlu diingat bahwa AIMP telah mendukung penggunaan akun standar last.fm sehingga tidak perlu lagi menggunakan plugin last.fm scrobble seperti yang digunakan kebanyakan orang ketika menggunakan AIMP3 dan versi-versi sebelumnya.lastfm

Selanjutnya, dibawah ini beberapa fitur AIMP lainnya dengan tambahan plugin yang cukup menarik dan telah digunakan oleh banyak orang. Jika melirik ke situs aimp.ru, anda akan melihat cukup banyak orang yang mendownload plugin-plugin berikut ini.

AIMP Stream SoundCloud

AIMP Stream SoundCloud adalah addon AIMP yang dapat digunakan untuk AIMP versi 3.60 ke atas. SoundCloud sendiri adalah Media sosial berbasis audio dimana para penggunanya dapat mengunggah suara atau lagunya sendiri kemudian dibagikan dengan pengguna lainnya. Mirip dengan MySpace akan tetapi SoundCloud tidak mengenal batasan ukuran file yang diunggah dan audio di SoundCloud dapat ditempel (embed) ke situs apapun yang anda inginkan.

soundcloud

 

Streaming Youtube Playlist

Sama dengan AIPM untuk SoundCloud, Streaming Youtube AIMP juga merupakan addon AIMP yang memungkinkan anda untuk melakukan streaming ke youtube.

yout

AIMP Remote Control menggunakan Android

Addon yang satu ini ada aplikasi untuk androidnya yang sudah tersedia di Playstore, anda tinggal menginstall aplikasi tersebut pada smartphone anda, kemudian install addon ini pada AIMP anda dan nikmati kemudahan mengontrol player anda dari handphone anda. Sayangnya aplikasi androidnya ini merupakan aplikasi trial selama 7 hari saja, tapi jika anda berminat untuk mencoba maka Klik disini untuk melihat AIMP Remote Control Android di Playstore, dan Klik disni atau pada gambar untuk melihat plugin AIMP Remote Control untuk aplikasi AIMP anda.

android-AIMP

AIMP Twitter / ATweet.

Addon ini memungkin anda untuk mengirimkan informasi tentang lagu apa yang sedang anda dengarkan ke twitter sebagai postingan. tweet

Masih ada beberapa lagi plugin AIMP dengan fungsi yang cukup keren, akan tetapi untuk kali ini sampai disini dulu. Jika ada pertanyaan, saran atau koreksi, silahkan tinggalkan komentar.

Salam, r4ndieL.

 

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *