Latihan – Membuat Web sederhana dengan html

learn-logoIni adalah seri tutotial belajar mengembangkan website. Tutorial ini akan saya bagi dalam beberapa bagian sehingga mudah untuk dimengerti sesuai dengan pengalaman saya ketika belajar mengembangkan web secara otodidak.

Sebelum memulai tutorial ini, diharapkan sobat sudah membaca artikel saya tentang bagaimana menginstall XAMPP di komputer anda, bagi yang menggunakan Sistem Operasi Windows 7 dapat membacanya dalam artikel sebelumnya tentang bagaimana menginstall XAMPP di Windows 7. Ada juga beberapa pengetahuan umum tentang teknologi server seperti XAMPP, MySQL dan cara mengatasi error ketika menginstall XAMPP yang bisa anda baca di situs ini.

Berikut ini daftar isi seri tutorial ini.

Sudah banyak situs referensi dan tutorial pembuatan website sederhana, yang bahkan sudah dilengkapi tutorial langkah demi langkah, online web editor dan juga tersedia script yang siap didownload, salah satu halaman yang sangat bagus untuk diikuti adalah dari w3schools.com untuk versi bahasa Inggris, dan nyekrip serta ilmukomputer untuk tutorial berbahasa indonesa. Apa saja yang anda butuhkan ketika akan belajar pemrograman bisa anda baca pada artikel sebelumnya.

learn

Seperti yang sudah pernah saya katakan bahwa membuat sebuah website tidaklah sulit, yang sulit adalah ketika membuat aplikasi web dengan implementasi bahasa program dan fungsi website yang kompleks, seperti pada implementasi javascript murni tanpa jQuery, tapi jika anda mengikuti sebuah tutorial secara langkah demi langkah maka dapat dipastikan tanpa sadar anda akan menguasai pemrograman dan pengembangan website ketika menyelesaikan sebuah seri tutorial. Makanya sangat penting untuk mengikuti sebuah tutorial yang terstruktur. Banyak situs-situs penyedia tutorial di internet tapi kebanyakan tidak memberikan tutorial secara terstruktur dan hanya menyampaikan tutorial secara fragmented saja. Sedangkan situs-situs yang saya sampaikan diatas sangat baik digunakan untuk tutorial, setelah anda mahir, silahkan buat project sendiri dengan mereferensi ke situs-situs tersebut. Jika ada hal yang anda butuhkan tapi tidak ditemukan disana, anda dapat bertanya ke situs-situs tersebut atau ke forum-forum diskusi pemrograman. Anda juga bisa memanfaatkan stackoverflow untuk mencari referensi dan bertanya disana.

Untuk belajar coding, yang anda perlukan selain kemauan adalah suasana yang tidak terganggu dan jadwal yang tetap, contohnya dalam sehari anda harus menghabiskan setidaknya dua jam dari jam-jam santai anda untuk belajar koding. Kenapa harus diambil dari jam santai anda? karena untuk belajar koding atau pemrograman anda perlu berada dalam kondisi santai sehingga beban pikiran tidak terlalu banyak, selain itu seseorang harus menyukai menulis bahasa program untuk bisa bertahan didunia pemrograman, tanpa menyukainya, anda hanya akan membuang-buang waktu saja.

Di akhir seri tutorial ini nantinya saya akan membagikan juga tentang implementasi javascript sederhana dalam halaman web pemesanan pizza yang perhitungannya dilakukan secara realtime.

Sedikit informasi, semua tutorial didalam situs ini saya tulis sendiri, sesuai dengan project-project mini yang saya gunakan untuk belajar ketika pertama kali belajar koding website.

Sekian dulu untuk kali ini, tunggu artikel selanjutnya untuk seri tutorial ini.

salam, r4ndieL.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *