Maksimalkan Pleer Bro! Aplikasi pemutar musik Online dari Rusia

Pleer, kalo kami di bagian timur sepertinya kata ini kesannya agak negatif, tapi Pleer ini sebenarnya adalah situs pemutar musik (bisa dibilang aplikasi pemutar musik online) dengan nama pleer.net. Saya pernah membahas tentang bagaimana memasang widget pemutar musik di blog dengan memanfaatkan pleer.net ini. Kalau sekarang sih sudah ada banyak situs/aplikasi pemutar musik online yang lebih trendy. Sayangnya, menurut saya pleer masih termasuk salah satu yang terfavorit, serasa situs itu milik sendiri lah kalau mau dibilang, karena yang pertama saya bisa upload lagu-lagu kesukaan secara cuma-cuma tanpa harus mendaftar atau embel-embel lain. Selain itu, kualitas lagu mp3 yang diberikan rata-rata sama dengan atau diatas 128kbps. Itu artinya kualitas suara dari musik yang mereka miliki bisa dibilang termasuk sangat baik.

Selain itu, pleer juga tidak bergantung pada iklan, sehingga dibandingkan situs lain, kecepatan loading halaman dan loading musiknya tidak terganggu dengan iklan-iklan tidak penting, apa lagi dengan popup-popup tidak berguna yang kadang menjengkelkan.

Kemudian ada juga fitur untuk membuat playlist tanpa harus login atau pun registrasi terlebih dahulu, ada juga fitur tombol download one click hingga aplikasi android yang punya sinkronisasi playlist kita yang ada di web (tapi kalo yang ini mesti daftar dulu biar playlistnya juga bisa terdaftar atas nama akun kita). Berikut ini beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan di pleer.net.

  1. alamat doang 🙂
  2. Fitur pencarian, bisa cari lagu, judul, atau kata yang sipit-sipit diingat. Kurangnya sih belum bisa cari lirik.
  3. Play button, single click dan ta…da…
  4. Download
  5. Add to playlist. Kalau belum login berarti playlist dapat dibuat dan digunakan pada sesi tersebut tapi tidak dapat disimpan.
  6. Login/Registrasi. cukup ketik email, nama pengguna, password. Konfirm ke email dan pakai.
  7. Create playlist, kalau mau buat playlist dengan nama yang diinginkan, kalau tidakpun, otomatis dibuatkan kalau nomor 5 digunakan.
  8. Upload lagu sendiri. Lagu daerah juga boleh, jangan lupa tulis tag judul dan penyanyi, biar gampang dicari sesama pengguna.
  9. Application -> Android punya.

Tambahan: ada juga pencarian berdasarkan genre, tinggal klik pada link “genre”, kemudian Search. Jika lagu sudah dilengkapi dengan lirik maka tombol lirik akan muncul disebelah tombol download, klik dan anda bisa melihat lirik dari lagu tersebut.

Tapi jangan salah, pleer juga ada kekurangannya, yaitu jumlah lagunya belum terlalu banyak, mungkin karena lebih banyak diupload oleh pengguna dari pada disediakan oleh pemilik situs.

Update: Bagian News -> ada pengumuman dari Pleer kalau akhir-akhir ini (tahun lalu maksudnya) mereka kehilangan pengguna dari luar Rusia, entah karena apa, padahal ada juga lho dari indonesia, buktinya banyak lagunya Iwan Fals, Dewa, Ari Laso, Stinky, dan yang lainnya disana.

Update II: Storage pleer yang dipakai untuk menyimpan lagu-lagu yang bisa di download ternyata sedang mengalami masalah sehingga kadang tidak bisa dipakai download, sepertinya masalah dengan hosting providernya (tebakan saja).

Yang berminat silahkan dicoba-coba, siapa tahu bisa meningkatkan rating pleer sehingga situs itu jangan ditutup (soalnya katanya penggemarnya hilang banyak jadi ada gejala mau ditutup -> ini juga tebakan saja.)

 

Cukup sekian dulu, mata mulai ngantuk.. jj. :3

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *