Malware, Virus, Trojan, Worm, Spyware dan Perbedaannya.

Banyak orang berpikir bahwa Malware, virus, spyware, adware, worm, trojan dan jenis lainnya adalah sama. Tetapi tidak begitu, sekalipun semua infektor (file komputer yang menginfeksi AKA Virus etc.) bertujuan untuk merusak sistem komputer anda, akan tetapi masing-masing jenis memiliki ciri dan tingkah laku yang berbeda-beda.

Malware

Malware terdiri dari dua kata yaitu “Malicious” dan “Software“, secara harafiah diterjemahkan sebagai “Perangkat Lunak yang berbahaya”. Malware merupakan istilah umum yang digunakan untuk mendefenisikan semua kode program yang berbahaya dan bersifat merusak system, termasuk juga virus, trojan, spyware, worm ataupun code lainnya yang didesain dengan tujuan merusak komputer.

Seiring berjalannya waktu, arti “Malware” ini bergeser, ada pengertian yang lebih mengarah pada bagaimana malware tersebut menginfeksi sistem, ada pula yang pengertian lain yang lebih menekankan pada apa yang dilakukan malware tersebut ketika sudah aktif didalam sistem anda.

Metode Infeksi

Malware selalu termasuk dalam salah satu dari kategori dibawah ini;

  • Virus – Isitilah ini digunakan secara umum. Semua software jahat dapat dikategorikan kedalam jenis virus; namun sekarang lebih digunakan istilah malware. Sedangkan istilah “Virus” lebih banyak digunakan untuk program yang mereplika/memperbanyak diri setelah menghubungkan dirinya kepada proses yang berjalan di dalam Windows.
  • Worm – adalah jenis lain yang juga dapat memperbanyak diri namun tidak menghubungkan diri/ injeksi dengan proses didalam Windows. Worm dapat dikatakan sebuah program kecil yang berjalan dilatarbelakang proses sistem anda.
  • Trojan – merupakan software yang dalam deskripsi ataupun dalam anggapan anda merupakan software/program dengan fungsi yang anda ketahui cukup baik padahal sebenarnya program tersebut memiliki fungsi lain (yang buruk) yang tidak anda ketahui. Dinamakan “Trojan Horse”, yang kelihatannya membawa “hadiah” padahal didalamnya terdapat payload yang cukup berbahaya.
  • Drive-by Download – Inilah yang paling populer sekarang ini, dan metode ini cukup banyak digunakan untuk memasukkan sesuatu yang berbahaya kedalam komputer anda. Kebanyakan infeksi malware seperti masuk karena secara sengaja mengunjungi website yang telah diprogram untuk meng-exploit kelemahan browser anda dan secara otomatis mendownload sesuatu yang buruk ke dalam komputer anda.

Malware Action

Jika malware telah masuk kedalam sistem anda, ia dapat melakukan banyak hal, mulai dari hanya memperbanyak diri, memperberat load komputer anda hingga hal-hal yang akan memaksa anda untuk meng-install ulang sistem anda.

  1. Adware – Sebenarnya dapat dibilang bukanlah malware dan memang kebanyakan tidak masuk ke dalam sistem menggunakan metode-metode diatas. Adware adalah software yang memanfaatkan bentuk tawaran iklan seperti yang dapat anda temukan ketika menginstall sebuah program, sebelum eksekusi anda akan ditawarkan untuk melihat-lihat beberapa produk, dan biasanya adalah pilihan “accept” or “decline” untuk menginstall adware tersebut. Namun, yang paling berbahaya adalah cara menawarkan adware untuk diinstall kedalam komputer anda ini seringkali cukup membingungkan dan terkadang display language yang ditampilkan dalam bahasa asing yang tidak dimengerti banyak orang. Contohnya seperti yang dilakukan Ba*du dan beberapa program abal-abal beberapa waktu lalu, cukup mengganggu, sebab pada dasarnya sebuah adware seharusnya bisa hilang hanya dengan meng-uninstall-nya dari Control Panel, nyatanya cukup sulit hanya untuk menghapus software adware tersebut.
  2. Spyware –  adalah software yang memonitor aktifitas didalam komputer anda, kemudian mengirimkan informasi tersebut ke komputer tertentu. Software ini termasuk juga keylogger yang pernah tenar beberapa waktu lalu. Biasanya program-program Spyware ini merekam seluruh aktifitas dikomputer anda, mulai dari karakter keyboard yang anda ketik hingga history browser anda.
  3. Ransomware – Bahkan Spyware masih kurang populer dibanding Ransomware ini. Ransomware merupakan malware yang digunakan oleh para Cracker/Cyber Criminials untuk meminta tebusan kepada pemilik sistem yang terkena Ransomware ini. Ransomware membuat sistem anda tidak stabil dan anda tidak bisa menggunakan sistem anda sebagaimana mestinya, terkadang Ransomware “mengunci” beberapa jenis file dengan ekstensi tertentu atau megunci keseluruhan sistem anda dan menampilkan layar notifikasi tentang permintaan tebusan sampai anda membayar tebusan tertentu untuk mendapakan “penawar”nya.
  4. Scareware – Software ini biasanya tampil sebagai software yang baik untuk komputer anda, katanya, biasanya software ini berpenampilan seperti Tool untuk memperbaiki komputer anda dari registry yang rusak, bad harddisk ataupun junk file., namun ketika dijalankan, hasil diagnosa software ini akan mengatakan bahwa komputer anda telah terinfeksi atau telah rusak dibeberapa bagian sistem. Dan anda akan ditawarkan untuk membayar versi pro mereka untuk dapat mengatasi kerusakan palsu yang telah didiagnosa oleh mereka. Software seperti ini tidak terbatas hanya pada Tool seperti itu namun ada juga yang berbentuk software. Dalam dunia internet, Scareware ini dikenal juga sebagai “rogue Software” atau “rogue antivirus”. Dan jangan dipercaya.

Anda tentu sudah mendengar istilah “rootkit” atau “bootkit”. Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan jenis malware yang sudah masuk ke dalam komputer namun tidak melakukan apa-apa untuk sementara waktu agar tidak dideteksi. Model malware seperti ini biasanya menginfeksi beberapa komputer sekaligus. Mereka akan membentuk “botnet” yang nantinya akan digunakan oleh hacker untuk melakukan sesuatu terhadap komputer anda.

Nah, jadi sangat penting bagi anda, jika masih menggunakan sistem operasi Windows untuk memiliki antivirus yang ter-update. Dan selalu harus mengambil langkah pencegahan, salah satunya; anda dapat membaca deskripsi sebuah software yang akan anda masukkan kedalam komputer anda, sebelum menggunakanya.

Untuk artikel kali ini sekian dulu. Jika ada pertanyaan, saran ataupun koreksi, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.

Salam.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *