Mengatasi Gambar fitur postingan blog yang tidak muncul ketika share di facebook

Sebenarnya mudah saja, permasalahan gambar tidak muncul ketika postingan artikel difacebook bisa dikarenakan beberapa hal, sekaligus cara mengatasinya (berdasarkan pengalaman) bisa dibaca dulu:

  • Cara pertama, coba share dua kali, menurut halaman developer facebook, untuk image, facebook perlu menerapkan yang namanya Open Graph protocol yang mana gambar dari sebuah artikel tidak akan bisa ditampilkan jika baru pertama kali di share, maka dari itu, facebook menganjurkan untuk melakukan pembagian 2 kali agar Open Graph dapat merayapi tag OG pada artikel kita dengan baik.
  • Ukuran gambar artikel melebih 8 MB alias ukuran gambar yang dibagikan dari sebuah artikel tidak boleh lebih dari 8 MB (Menurut Facebook), padahal gambar dengan ukuran pixel yang besar sekalipun ukuran kapasitas MB-nya kecil pun terkadang tidak dapat dibagikan ke Facebook. Untuk yang seperti ini tinggal gunakan aplikasi kompresi gambar milik anda, jika tidak ada banyak aplikasi kompresor image seperti RIOT (http://luci.criosweb.ro/riot/)-> ini yang paling favor dah. 
  • Jika memang masih belum muncul, coba ukuran pixel gambarnya diperkecil, misalnya dari 3200 x 2100 px, di-resize dulu menjadi lebih kecil, contoh: 1800 x 900 px. Dalam beberapa kasus, dengan melakukan resize ini, gambar gampang di-load dari server oleh facebook sehingga dapat dibagikan.
  • Jika masih belum muncul, anda mesti sedikit peras otak karena kali ini kita akan menuju ke bagian developer facebook. Gunakan aplikasi Share Debugger (Alat Debug Berbagi) untuk mengambil perayapan OG Facebook, buka alamat ini: https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing/, setelah itu copy alamat artikel anda dan paste pada kolom alat debug berbagi, kemudian klik Debug. Anda akan melihat hasil perayapan terhadap artikel dan tag-tag yang terdapat didalamnya. Jika tag didalam artikel anda sudah benar sesuai standarnya facebook, akan muncul preview artikel anda beserta dengan gambarnya, jika tidak, maka anda akan melihat error yang bertuliskan Og:Image pada bagian Peringatan Yang Harus Diperbaiki”, jika sudah muncul gambar tetapi muncul juga peringatan maka tidak usah dipikirkan, artikel anda tetap dapat dirayapi dengan baik tanpa tag yang lainnya. (Sama juga, bahkan yang di stackoverflow juga masih ada errornya waktu di-scrapping.. :p). 
  • Jika artikel yang anda bagikan, anda ambil dari situs anda dan belum punya tag Open Graph untuk facebook maka anda perlu membuat aplikasi facebook pada bagian developer.facebook untuk mengaktifkan open graph meta tag. Untuk membuat aplikasi untuk situs anda silahkan lihat panduannya disini -> https://developers.facebook.com/docs/sharing/webmasters/#markup. Atau jika anda menggunakan wordpress untuk situs anda maka cari saja plugin open graph, install dan aktifkan, jika memang diminta memasukkan AppID dan Secret Key App, silahkan lihat pada aplikasi yang anda sudah buat.
    Cara membuat aplikasi ID dan Secret Key app Facebook sudah banyak di google, saya singkat saja, pertama buka halaman developer, pilih Buat Aplikasi Baru, Isi detail nama Tampilan dan email anda, lalu Buat App ID, lengkapnya bisa langsung disini -> https://developers.facebook.com/docs/apps/register.
    Setelah mendapat App ID dan Secret Key nya, bisa anda gunakan untuk aplikasi open graph di situs anda.. setelah itu jangan khawatir, anda hanya perlu membagikannya 2 kali untuk melihat langsung tampilan link artikel anda di Facebook.. 😀

Btw, lebih lengkap soal bagaimana penerapan yang baik share artikel berisi gambar ke facebook bisa dilihat langsung di bagian developer facebook -> https://developers.facebook.com/docs/sharing/best-practices/#membagikan-praktik-terbaik-untuk-situs-web.. Kalau ada yang membuat bingung (karena saya juga sama bingungnya), bisa langsung tinggalkan komentar dibawah, ntar saya carikan jawaban kegalauan anda :p :p .. Sampai jumpa.. #jj

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *