Menginstall XAMPP di Windows 7

Untuk materi pertama, bagaimana menginstall XAMPP di Sistem Operasi Windows 7.

Dalam membangun sebuah situs, kita mesti punya server, tidak terkecuali website apapun itu, sebab sebuah situs membutuhkan teknologi server untuk menyimpan basis data dan berkas penting lainnya yang digunakan untuk membuat sebuah website. Salah satu teknologi server berbasis open source yang cukup powerful hingga saat ini adalah XAMPP. Selain bisa dijalankan di Sistem Operasi apa saja, juga telah menyertakan semua kebutuhan teknologi server dasar dalam satu paket, diantaranya Apache Server, Tomcat Server, MySQL database, PHP, Perl, layanan FTP dan Layanan Email Exchange dan admin panel (XAMPP Control Panel)
Dalam kasus ini saya akan menginstallnya pada Sistem operasi Windows 7.

 

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi XAMPP terbaru, klik disini.
  • Dobel klik file XAMPP yang baru saja Anda download, nanti selanjutnya akan muncul jendela “installer language” seperti di bawah ini:
  • Selanjutnya pilih bahasa. Pilih yang Bahasa Inggris (English). Klik OK.
  • Jika dalam proses ini muncul pesan error, abaikan saja dan lanjutkan dengan klik OK dan YES. hal ini dikarenakan pada Windows 7, terdapat User Account Control yaitu pengontrolan aplikasi yang berjalan pada Windows oleh penggunanya.

  • Selain itu, jika Komputer kita belum terinstal Microsoft visual C Redistributable Package maka XAMPP akan meminta untuk mendownloadnya, dan sebaiknya anda menyiapkannya dan menginstallnya agar XAMPP dapat berfungsi sepenuhnya, sebab bahasa pemrograman PHP didalam XAMPP membutuhkan paket tersebut untuk berfungsi dengan baik.
    vcredist

Catatan: Sebelum melanjutkan, ada baiknya menutup semua aplikasi selain instalasi XAMPP,

  • Setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol next untuk melanjutkan instalasi seperti pada gambar berikut

  • Setelah itu pilih fitur yang ingin diinstall, sebaiknya pilih semuanya jika anda kebingungan menentukan mana kebutuhan anda.
  • Kemudian tentukaan lokasi penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan diarahkan ke lokasi c:xampp. Namun anda dapat memindahkannya ke folder lain atau membuat folder induk lainnya, tetapi sebaiknya dibiarkan defaultnya saja agar tidak kebingungan serta lebih sederhana. Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol Install.
  • Silahkan tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai, Setelah itu klik Finish.
  • Berikutnya, akan muncul jendela dialog yang menanyakan Anda apakah mau langsung menjalankan aplikasi XAMPP atau tidak. Jika ya, maka klik YES.

Menjalankan Aplikasi XAMPP dan menginstal Services.

  1. Bukalah aplikasi XAMPP, bisa melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP. Atau, jika Anda membukanya begitu proses instalasi selesai maka klik Yes seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  2. Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Biasanya jika saya menggunakan XAMPP, yang saya start hanyalah aplikasi Apache dan MySQL, karena saya tidak memerlukan aplikasi seperti Filezilla, dan lain-lain.
  3. Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan http://localhost/xampp di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.

    Sampai disini instalasi XAMPP anda telah berhasil, jika ada pertanyaan atau jika ada bagian yang kurang lengkap silahkan meninggalkan pesan atau komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *