mHotspot! Jadikan laptop anda sebagai virtual hotspot.

Internet Hotspot

wi-fi-hot-spot-redblueSambungan internet sudah jadi kebutuhan hampir semua orang saat ini. Dan biasanya sambungan internet dapat diperoleh menggunakan paket data seluler, koneksi wifi/wireless, ataupun sambungan Ethernet LAN. Memang sudah banyak tempat dan rumah yang memiliki koneksi wifi untuk penghuninya, tapi bagaimana jika yang anda miliki dirumah hanyalah sambungan internet menggunakan kabel Ethernet saja? Contoh kasusnya jika sambungan internet tersebut hanya digunakan oleh orang tua untuk membaca berita atau mengirimkan laporan kantor kepada atasan dan lain sebagainya, sedangkan anak-anak mungkin hanya menggunakan paket data seluler saja.

NETWORK INTERFACE CARD

Nah sebenarnya laptop anda dapat dijadikan hotspot wifi didalam rumah anda. Syaratnya, anda harus memiliki koneksi internet aktif seperti LAN ataupun Modem dan juga sebuah Laptop atau PC yang berfungsi dan memiliki Wireless NIC. Sekedar info, NIC atau panjangnya Network Interface Card adalah sebuah chip/rangkaian elektronika dalam bentuk pipih seperti kartu yang berfungsi sebagai penerima dan pemancar/pengirim yang berkomunikasi dengan internet atau jaringan konektivitas lainnya. Didalam sebuah komputer biasanya minimal ada 2 NIC yaitu untuk koneksi wifi dan koneksi LAN, kalau di dalam komputer-komputer tipe lama, NIC hanya ada 1 saja yaitu untuk Ethernet/LAN saja, sedangkan untuk bisa menggunakan Wifi maka harus ditambahkan lagi dengan Wireless NIC.

66507-2706969Sekarang, bagaimana supaya Laptop atau PC anda bisa menjadi Hotspot. Ada beberapa cara, tapi kali ini saya akan membahas cara yang paling gampang dan menggunakan sistem operasi windows 7.

  1. Pastikan Koneksi internet menggunakan Ethernet anda aktif.
  2. Pastikan Komputer atau laptop anda memiliki kemampuan untuk menangkap sinyal wifi.
  3. Install & jalankan mHotspot.
  4. Konfigurasi dan penggunaan.

Pastikan Ethernet/LAN anda dapat mengakses Internet

Mengapa LAN anda harus dapat mengakses internet? Jawabannya sederhana, karena anda butuh koneksi internet. Sebab Internet yang akan di-share ke perangkat anda melalui jaringan wifi, misalnya ke ponsel ataupun laptop anda yang lain diambil dari LAN tersebut. Itulah mengapa cara ini disebut Internet Connections Sharing. 

Penting!: Pastikan Service ICS anda sudah dijalankan. Jika anda tidak pernah mengutak-atik services di Windows anda maka jangan khawatir sebab service ini secara default akan dijalankan secara otomatis oleh windows. Jika tidak maka coba dicek dahulu. Jika ICS sudah jalan maka ada dua service lagi yang digunakan yaitu DHCP dan NAT juga otomatis akan berjalan.

Tapi jangan panik, jika anda sudah pernah mengakses internet menggunakan koneksi LAN tersebut dan tidak ada masalah maka anda tidak usah khawatir sebab dapat dipastikan bahwa ICS anda sudah jalan.

services

Pastikan Komputer anda memiliki kemampuan akses jaringan wireless.

Berkaitan dengan NIC tadi, semua laptop sudah saat ini sudah memiliki kemampuan mengakses wifi, yang perlu anda perhatikan adalah baik atau tidak kemampuan menangkap wifi laptop anda tersebut. Ini bisa diuji dengan mengkoneksikan laptop pada sebuah jaringan wireless tertentu ataupun jika tak ada jaringan wireless, anda dapat mengaktifkan fitur penambatan hotspot di ponsel anda (khusus untuk ponsel android baru), atau bisa juga dengan membuat jaringan adhoc pada laptop anda. Cara membuat jaringan adhoc dan kegunaannya akan saya bahas dalam artikel yang lain.

Install dan jalankan mHotspot

mhotspotNah ini dia kebutuhan utama kita dalam menjadikan laptop atau komputer sebagai internet hotspot pribadi. mHotspot sendiri merupakan software gratis yang benar-benar gratis, karena mHotspot mendapatkan biaya dari iklan google pada website mereka bukan pada aplikasi mereka. mHotspot dapat digunakan untuk membuat Laptop Windows 7 & 8 anda menjadi virtual wifi router yaitu perangkat yang meneruskan koneksi hotspot dan koneksi yang diteruskan oleh aplikasi ini dijamin sama amannya dengan koneksi aslinya.

Anda dapat membagikan koneksi internet seperti LAN, Ethernet, Data-Card, 3G/4G ataupun wifi untuk banyak perangkat seperti Laptop, iPhone, Android, iPad dan lain sebagainya tanpa membutuhkan tambahan perangkat lain seperti modem atau yang lainnya. Nah, untuk cara installnya seperti menginstall program windows kebanyakan. Cukup download programnya dari situs resminya mhotspot ataupun dari situs penyedia program gratisan seperti techspot.com atau filehorse.com. (untuk download, silahkan klik nama situs yang tadi saya sebutkan)

19642-9aninydedbyhj4ox-s

Fitur:

  • Koneksi hotspot dapat digunakan hingga 10 perangkat.
  • Anda dapat menentukan nama apapun yang anda sukai untuk hotspot anda, tidak tergantung dengan nama jaringan yang anda bagi.
  • Dapat digunakan untuk semua hampir semua jaringan internet (LAN, Ethernet,3G/4G,Wifi dll).
  • Dapat diakses oleh gadget lain seperti Ponsel Android, iPads, PDA, tablet-pc dan lainnya.
  • Dapat mengetahui detail perangkat yang terkoneksi (Nama, Alamat IP dan MAC)
  • Tersedia informasi penggunaan jaringan seperti kecepatan download, upload dan kecepatan transfer data.
  • Tersedia sistem WPA2 PSK untuk pengamanan/password wifi.
  • Jumlah gadget yang terkoneksi dapat dibatasi, bisa hingga sampai 10 perangkat, bisa juga kurang dari itu.
  • Dapat berfungsi sebagai repeater, memperluas jaringan wifi anda.
  • Dapat digunakan di Windows 7, 8 dan 10

Konfigurasi dan penggunaan

Konfigurasi alias pengaturan aplikasi ini tidak serumit kedengarannya, justru sangat gampang. Setelah aplikasi dijalankan maka;

  1. Ganti nama dan password hotspot anda
  2. Pilih sumber internet yang akan digunakan, dalam contoh ini yang digunakan adalah sambungan Ethernet/LAN.
  3. Klik Start Hotspot untuk mulai menjalankan hotspot.
  4. Tunggu sebentar sampai pada layar informasi aplikasi mHotspot telah terbaca jumlah kecepatan Upload dan Download. Setelah ini, anda sudah bisa mengkoneksikan gadget anda ke hotspot baru ini.2016-02-07-12_47_03-mhotspot-rabotaetmhotspot_large-2Dari kedua gambar diatas, yang berbeda adalah gambar pertama dapat menghasilkan hotspot tapi perangkat tidak terkoneksi ke jaringan internet, sehingga sambungannya hanya semacam sambungan adhoc, sedangkan pada gambar kedua, Internet Source/Sumber internetnya ada yaitu Wireless Network Connection sehingga perangkat yang terkoneksi ke hotspot ini akan tersambung juga ke internet,

Catatan: Biasa ada permasalahan yaitu hotspot tidak dapat terbaca dibeberapa gadget, ini sebenarnya bukan karena aplikasi mhotspot ini tetapi karena kemampuan antena komputer untuk memancarkan sinyal radio yang mungkin saja bermasalah, atau bisa juga karena perangkat lunak didalam komputer kita yang bermasalah. Jika hanya ada beberapa gadget yang bisa mengakses hotspot tapi ada juga yang tidak terdeteksi maka bukalah 1 aplikasi mhotspot lagi tanpa menutup yang lama kemudian jalankan seperti biasanya. – sumber: pengalaman pribadi 😀

Sekian dulu untuk artikel kali ini, jika ada pertanyaan, saran ataupun koreksi, silahkan tinggalkan komentar. 🙂

Salam, r4ndieL.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *