Pengenalan MySQL – Database yang paling banyak digunakan bersama PHP

MySQL – Server database yang open source

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. – wikipedia

Dengan aplikasi yang juga open source ini, anda dapat membuat dan mengolah database beserta isinya, menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database. Perintah dalam MySQL cukup banyak tetapi sudah ada aplikasi PHPMyAdmin yaitu salah satu aplikasi yang anda bisa gunakan.untuk membuat tabel, mengisi data, dan pekerjaan lainnya dengan mudah, tanpa harus mengafal perintahnya.

MySQL Merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya. MySQL pertama kali dirintis oleh seorang programmer database bernama Michael Widenius. Selain database server, MySQl juga merupakan program yang dapat mengakses suatu database MySQL yang berposisi sebagai Server, yang berarti program kita berposisi sebagai Client. Jadi MySQL adalah sebuah database yang dapat digunakan sebagai Client maupun server. Database MySQL merupakan suatu perangkat lunak database yang berbentuk database relasional atau disebut Relational Database Management System ( RDBMS ) yang menggunakan suatu bahasa permintaan yang bernama SQL (Structured Query Language ).

Bahasa SQL

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. SQL atau juga sering disebut sebagai query merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL dikenalkan pertama kali dalam IBM pada tahun 1970 dan sebuah standar ISO dan ANSII ditetapkan untuk SQL. Standar ini tidak tergantung pada mesin yang digunakan (IBM, Microsoft atau Oracle). Hampir semua software database mengenal atau mengerti SQL. Jadi, perintah SQL pada semua software database hampir sama. Terdapat 3 (tiga) jenis perintah SQL, yaitu :

DDL atau Data Definition Language

DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini database dan table. Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain : CREATE, ALTER, RENAME, DROP

DML atau Data Manipulation Language

DML merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data atau record dalam table. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain : SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE

DCL atau Data Control Language

DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (priviledges). Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain : GRANT, REVOKE

Penggunaan SQL dalam pemrograman Web.

Dalam kenyataannya, pemahaman tentang pemrograman SQL tidaklah begitu rumit, ada empat perintah utama yang diperlukan ketika anda hendak membuat sebuah aplikasi pemrograman web yang bisanya di sebut CRUD (Create, Read, Update, Delete). Secara singkat;

  • C (Create): yang berarti membuat sebuah data baru, contoh ketika sedang melakukan registrasi disebuah web itu sudah merupakan Create dari CRUD karena kita membuat dan menyimpan data registrasi ke database.
  • R (Read): Membaca atau menampilkan suatu data yang tadinya berada dalam database server, misalnya ketika ingin melihat data tabel siswa pada sistem manajemen informasi sekolah, biasanya ada link atau tombol yang perlu klik, ketika diklik, Database akan dibaca untuk menampilkan record sesuai dengan permintaan kita, inilah yang disebut dengan Read.
  • U (Update): Analogi update mirip seperti ketika meng-update status di media sosial, bedanya adalah dalam MySQL, data sudah terlebih dahulu, kemudian diubah dan disimpan kembali.
  • D (Delete): Menghapus record yang telah ada sebelumnya.

Ke empat perintah dasar ini yang akan lebih banyak anda temui dalam pemrograman web. Saya akan coba membahasnya di artikel yang selanjutnya.

Untuk menggunakan MySQL, anda dapat mengunduhnya dari situs resminya dev.mysql.com atau bisa pula mengunduh aplikasi-aplikasi server yang mem-bundle MySQL server didalamnya seperti XAMPP, WAMP, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk interfacenya sendiri anda bisa menggunakan IDE MySQL seperti MySQL WorkBench, atau phpmyadmin.
mysql_workbench_visual_design_mac

Jika anda menggunakan  aplikasi bundle seperti XAMPP, sudah ada interface phpmyadmin didalamnya.

pma_sql_1

Jika anda ingin sesuatu yang lebih klasik, yaitu menggunakan perintah syntax sql saja tanpa interface, maka anda bisa menggunakan command prompt.

175635-635491583272671559_270x480_thumb

Sekian dulu untuk artikel kali ini, jika ada pertanyaan, saran atau koreksi silahkan meninggalkan komentar pada kolom komentar.

salam, r4ndieL.

(Sumber gambar dan artikel: berbagai sumber internet dan tulisan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *