Perkecil ukuran gambar menggunakan RIOT (Radical Image Optimization Tool)

Bicara soal image/picture/photo/foto/gambar atau dalam bahasa puitisnya “lukisan cahaya dalam bingkai” B), kita juga bicara soal penggunaannya yang tidak saja untuk dicetak tapi juga untuk dikirim lewat email, sekedar posting ke media sosial ataupun untuk desain dan manipulasi dan termasuk dalam membuat tulisan juga membutuhkan gambar sebagai fitur utama yang ingin diperlihatkan disamping tulisan. Ada pepatah dari Inggris “a picture is worth thousand words”, tapi permasalahnnya bukan pada gambar atau tulisannya tapi pada penghematan space disk anda. Apa lagi jika anda memiliki web yang punya ukuran web disknya pas-pasan (jadi ngerasa :D), mesti ada penghematan besar-besaran, salah satunya adalah dengan memperkecil ukuran gambar yang dipake disetiap tulisan. Nah, aplikasi yang masih menjadi favorit saya adalah RIOT (Radical Image Optimization Tool). Dari namanya saja sudah kelihatan kalau aplikasi ini digunakan untuk optimasi Image ditambah “radical” jadi agak menyeramkan arti optimisasi yang dilakukan aplikasi ini.

Dan ternyata memang aplikasi ini punya kemampuan untuk memperkecil ukuran gambar dengan sangat wah tapi tetap menjaga kualias gambar dengan sangat wow (maksudnya??). Maksudnya dari ukuran 15MB misalnya, sebuah gambar bisa diperkecil hingga tinggal 1,2 MB ketika dikompresi menggunakan RIOT namun dalam tampilan mata telanjang kualitasnya seperti tidak berubah sama sekali.

(btw, gambar diatas juga barusan dikompres pake RIOT)

Dan lagi, aplikasi ini menyediakan 2 buah tipe ekstensi yang dapat kita gunakan yaitu JPEG dan PNG (jadi malah kayak konverter gambar malahan). Dari JPEG bisa diubah ke JPEG, bisa juga ke PNG dan sebaliknya.

Saya lebih banyak menggunakan mode Auto ketika mengompresi gambar, tetapi terkadang menggunakan mode Manual dimana ukuran gambar (piksel), ukuran gambar (MB) bisa kita tentukan sendiri kalau semisalnya memang ada tuntutan gambar tersebut harus berukuran sekian x sekian.

RIOT bisa didapat disini -> http://luci.criosweb.ro/riot/

RIOT ini masih berada dalam ranahnya windows tapi kalau di linux saya belum pernah lihat. Jadi yang untuk pengguna windows saja dulu, tapi jangan salah, selain aplikasi ini ada installer standalone aplikasi, ada juga dalam bentuk plugin untuk aplikasi seperti GIMP yang notabene jadi pentolannya linux dalam hal gambar menggambar, jadi siapa tahu bisa digunakan juga di linux.. hanya saja untuk penggunaanya dalam bentuk plugin belum pernah saya coba :p.

Sekian dulu, kopi habis, mau buat dulu… ntar lanjut lagi. jj.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *