Sekilas tentang WordPress dan penggunaanya sebagai CMS yang paling banyak digunakan.

gray-tshirt-swagMenurut situs resmi wordpress.org, WordPress dimulai pada tahun 2003 dengan sebuah baris kode untuk menulis (seperti diari digital) dan dimulai dengan hanya sedikit pengguna pada saat itu. Sejak saat itu WordPress berkembang menjadi alat blogging yang paling banyak digunakan didunia, digunakan oleh jutaan situs dan dikunjungi oleh jutaan orang setiap harinya.

WordPress pada awalnya dibuat karena kebutuhan akan sistem publikasi yang memiliki arsitektur yang baik dan dibangun dengan bahasa PHP dan database MySQL dan juga memiliki lisensi dibawah GPLv2 (atau setelahnya). WordPress merupakan pengembangan dari b2/cafelog, dan sebenarnya telah dikembangkan dari tahun 2001, sehingga sampai dengan saat ini WordPress sudah cukup stabil untuk digunakan. Hingga saat ini WordPress berkembang sangat pesat dibawah perusahaan yang didirikan Matt, Automattic.Inc.

Tentang WordPress.org

WordPress.org adalah situs resmi CMS WordPress yang menyediakan aplikasi WordPress tersebut. Ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan sebelum menginstall WordPress seperti web host dalam hal ini anda dapat menggunakan XAMPP sebagai local web host. WordPress dapat diatur sesuai keinginan anda dan dapat digunakan hampir untuk semua tujuan blogging seperti untuk berita, tulisan, foto dan lain sebagainya. Ada situs yang disebut WordPress.com yang mana anda dapat menggunakan blog berbasis WordPress secara gratis namun ada beberapa perbedaan diantaranya kurang fleksibel dalam hal kostumisasi dan akses ke berkas-berkas inti (core) tidak diijinkan.

WordPress.org Biasanya disebut juga dengan nama WordPress Self-Hosted (karena menggunakan hosting sendiri). Tinggal membeli hosting dan domain sendiri (yang relatif murah dari custom domain WordPress.com) lalu install WordPress di server, kemudian install themes dan plugin yang kamu perlukan.

Jika anda menemukan masalah tertentu dengan WordPress yang anda gunakan, bisa menuju ke forum WordPress untuk bertanya disana, banyak pengembang dan pengguna lainnya yang akan membantu.

Sedangkan bagi para pengembang, disinilah mereka memasukkan hasil pengembangan mereka (seperti showcase) berupa themes dan plugin yang jumlahnya ribuan.

Di website ini juga para developer yang sebagian merupakan karyawan Automattic berdiskusi dan membahas tentang perkembangan WordPress ke depannya dipimpin oleh Matt.

WordPress.com

wp_0Kalau anda ingin mengetahui seperti apakah WordPress itu, anda bisa mengunjungi WordPress.com dan mendaftar di sana. Jika sudah mendaftar anda bisa mendapatkan sebuah blog dengan nama seperti milikku.wordpress.com secara gratis, perhatikan bahwa yang anda dapatkan hanyalah sub domain yang diisi nama yang anda pilih namun domainnya tetap menggunakan wordpress.com, itu berarti semua berkas dan tulisan dan apapun yang anda muat disana dibawah kontrol dari wordpress.com, dengan bahasa lainnya, milik anda adalah milik WordPress jika sudah dimasukkan ke blog anda itu. Jika  anda tidak  ingin seperti itu, anda bisa menggunakan self-hosted sendiri, atau dengan membeli nama domain sendiri seperti ini-miliku.com tapi jelasnya untuk hal ini anda perlu merogoh saku anda sedikit ( ini disebut custom domain (domain mapping)/upgrade).

WordPress tetap gratis dan 100% open source, WordPress.com hanyalah salah satu sumber penghasilan untuk mendukung kelangsungan development selain berbagai layanan berbayar lainnya.

Apa saja yang bisa anda lakukan dengan wordpress.

Awalnya WordPress hanyalah sebuah alat untuk blogging, tapi sekarang ini sudah berkembang menjadi CMS dengan fungsi yang cukup lengkap dan anda bisa mengkostumisasikan WordPress menjadi apapun yang anda mau,  anda dapat menggunakan fitur-fitur seperti plugin, widget dan tema untuk mengubahnya sesuai keinginan anda. Saya pernah menuliskan beberapa template atau tema yang saya anggap bagus, untuk kategori Toko Online dan kategori personal blog. Pada intinya WordPress dapat digunakan untuk menjadi situs apapun yang anda inginkan, tergantung dari imajinasi anda sendiri.

Mengapa banyak orang menggunakan wordpress?

Jika anda menanyakan pertanyaan diatas, jawabannya anda bisa langsung lihat ke situs-situs ternama seperti Mashable dan TechCrunch, kemudian ada juga portal berita sepertiThe New York Times’ blogs dan CNN’s on-air personality, band seperti Motley Crue, semuanya menggunakan WordPress . Jika anda penasaran apakah sebuah situs yang anda kunjungi menggunakan WordPress atau bukan anda dapat menginstall addon pada browser anda seperti Wappalyzer, untuk cara pendeteksian silahkan baca dipostingan tentang Wappalyzer – detektor site engine.

JIka anda penasaran, situs terkenal apa saja yang menggunakan WordPress, silahkan kunjungi “the WordPress site showcase” dan anda akan menemui banyak sekali situs-situs terkenal yang menggunakan WordPress sebagai software untuk situs mereka.

Selengkapnya tentang WordPress dapat anda lihat disitus resminya WordPress Indonesia atau WordPress.org

Sekian dulu untuk artikel kali ini, jika ada pertanyaan, saran ataupun koreksi terhadap artikel ini silahkan tinggalkan komentar.

Salam, r4ndiel.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *