SimpleDNScrypt, Proxy free terbaik untuk akses situs yang disensor.

simplednscrypt_256Simple DNSCrypt adalah tool/program manajemen yang cukup sederhana untuk mengkonfigurasi DNS proxy script berdasarkan sistem operasi Windows – trans. sistus resmi simplednscrypt.org.

Bagaimana cara kerjanya, mesti dipahami dulu DNS dan Proxy itu apa?

Defenisi DNS dikutip dari Wikipedia.org, Domain Name System;  adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalnya: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

Jika ditelusuri bagian “Other Applications” di wikipedia, maka kita akan mengetahui bahwa DNS selain fungsi utamanya, DNS juga digunakan secara efisien untuk penyimpanan dan distirbusi alamat IP dari host email provider yang di blacklist. Metode yang biasa digunakan adalah dengan menempatkan alamat IP pada host subyek ke dalam sub-domain pada level nama domain yang lebih tinggi, dan kemudian me-resolve nama domain tersebut ke dalam daftar yang mengindikasikan adanya indikasi negatif atau positif. – Wikipedia.

Dengan kata lain, DNS digunakan untuk menentukan nama domain mana saja yang terkena blacklist, seperti yang dilakukan oleh block nawala project atau internet positif telkom speedy di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa ISP di Indonesia sedang giat melakukan kegiatan pemblokiran konten / censorship internet, dengan tujuan mencegah penyebaran konten ilegal, pornografi, SARA, dan sebagainya. memang baik, karena mengurangi dan membatasi konten ilegal yang bisa saja diakses oleh anak-anak dibawah umur yang notabene telah memegang gadget dimasa sekolah sehingga mereka punya akses tak terbatas ke dunia internet. Tetapi tidak bisa dipungkiri juga, ada beberapa situs yang punya pengaruh positif juga ikut terkena imbas dari kegiatan censorship ini.

untuk itulah simpleDNScrypt dibutuhkan. Sebelum menginstal SimpleDNScrypt, download dulu programnya disitus resminya, gratis.. https://simplednscrypt.org/

Setelah itu, pastikan komputer anda sudah terinstall kebutuhan-kebutuhan dibawah ini:

Setelah itu silahkan instal, cara installnya seperti menginstal program biasa pada windows anda, untuk lebih detail cara installasinya silahkan menuju ke situs resminya saja.

kelemahannya: belum support untuk IPv6 tetapi karena simpleDNScrypt ini adalah open source maka pengembangannya sedang dan sementara dilakukan. Jika anda tertarik untuk mengikuti perkembangan ataupun ingin berkontribusi langsung dengan pengembangan aplikasi ini, bisa langsung menuju ke github-nya .

Selain installer untuk windows, ada juga source codenya, dan bisa juga digunakan di sistem operasi lain seperti Linux.

Untuk artikel ini, sekian dulu, kalau ada pertanyaan, saran ataupun koreksi seputar artikel ini bisa ditanyakan dikolom komentar. salam, r4ndiel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *