Ternyata Mudah! Menginstall Xampp di Linux Ubuntu.

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas bagaimana menginstall Xampp di komputer dengan sistem operasi Windows (Windows 7). Lalu bagaimana dengan mereka yang memiliki sistem operasi Linux? Tidak perlu khawatir, Xampp pun dapat diinstall pada komputer dengan sistem operasi Linux. Dan untuk kali ini, saya akan coba membahas tentang bagaimana menginstall xampp pada sistem operasi Linux (Ubuntu).

 

Kebanyakan aplikasi yang diinstall di Linux Ubuntu, menggunakan “terminal” (mirip dengan Command Prompt pada sistem operasi Windows). Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Download Xampp for Ubuntu dari website resminya https://www.apachefriends.org/index.html, kemudian anda akan mendapatkan file .run. Ketika artikel ini ditulis, berkas versi terbaru Xampp untuk linux adalah xammp-linux-x64-56.24-1-installer.run. Kira-kira ukuran berkasnya sekitar 127 MB
  2. Langkah kedua adalah mengubah permission access file installer agar dapat dijalankan (run) dan install aplikasinya menggunakan perintah berikut.

Untuk mengubah permission, buka terminal ubuntu atau tekan tombol Start + T pada keyboard anda (start adalah tombol yang sama di Windows untuk start juga). Kemudian ketikkan:

sudo chmod +x xampp-linux-64-56.24-1-installer.run

atau jika tidak jadi maka gunakan perintah : chmod 755 xampp-linux-*-installer.run

Setelah itu enter dan ketikkan perintah dibawah ini untuk menginstall aplikasi Xampp:

sudo ./ xampp-linux-64-56.24-1-installer.run

atau jika tidak jadi maka gunakan perintah

sudo ./xampp-linux-*-installer.run

dimana tanda * diatas diganti dengan nama berkas Xampp yang anda gunakan.

Catatan: Versi XAMPP pada artikel ini mungkin berbeda dengan versi yang anda gunakan, pastika perintah anda diketik sesuai dengan nama berkas Xampp yang anda gunakan.

Setelah menjalankan perintah di atas, akan muncul jendela wizard yang akan menuntun anda dengan instruksi sampai instalasi selesai. Klik next dan ikuti instruksi selanjutnya (sama seperti menginstall di windows) sampai selesai.

Untuk keterangan lebih lanjut anda bisa melihat pertanyaan-pertanyaan mendasar langsung disitu Apachefriends.org https://www.apachefriends.org/faq_linux.html

Jika sudah terinstall, maka berkas-berkas instalasi Xampp anda akan terinstall pada direktori /opt/lampp

Untuk menguji apakah Xampp ini berfungsi atau tidak, silahkan buka browser yang anda gunakan pada komputer anda, kemudian ketika pada address bar localhost, jika muncul halaman seperti gambar berikut ini, maka anda sudah berhasil menginstall xammp..

Jika tidak terlihat seperti gambar, maka coba ketikkan pada terminal :

 sudo /opt/lampp lampp start

Jika muncul pesan bahwa “Lampp” tidak dapat dimulai karena memang sedang aktif maka ketikkan pada terminal:

sudo /opt/lampp lampp restart

Jika ternyata anda tidak bisa mengakses localhost pada browser juga, maka restart komputer anda. Kemudian mulai kembali dengan membuka terminal (start+t) dan ketik

sudo opt/lampp lampp start

Metode II

Untuk metode kedua, setelah mendownload file XAMPPxxxxx.run, anda perlu mengubah propertiesnya agar dapat dieksekusi selayaknya program exe pada Windows. Ikuti saja langkah berikut;

Pertama, buka terminal dan change directory ke tempat anda mendownload file XAMPP tadi. kemudian ketik

Chmod +x xampp-linux-x64-x.x.x-0-installer.run

sudo -s -H

./xampp-linux-x64-5.6.8-0-installer.run

 

Setelah itu, XAMPP akan dieksekusi instalasinya secara visual.

Ikuti perintah yang ditampilkan dan tunggu installasi hingga finish. Setelah itu jalankan XAMPP.

Metode III

Metode ketiga ini lebih singkat dibanding metode pertama namun untuk tingkat keberhasilnnya menurut pengalaman saya agak kurang memuaskan karena memang beberapa kali saya sendiri gagal menginstall teknologi server di Linux (Ubuntu 15.04) menggunakan metode ini.

Pastikan koneksi internet anda cukup baik.

Metode ini menginstall langsung modul-modul yang digunakan untuk sebuah server diantaranya Apache, PHPlib dan MySQL secara terpisah. Setelah itu buka terminal dan ketikkan perintah-perintah dibawah ini satu demi satu.

sudo apt-get install apache2
sudo apt-get install mysql-server
sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5

Restart Service Apache

sudo /etc/init.d/apache2 restart

Check Instalasi PHP, berhasil atau tidak.

php -r 'echo "\n\nYour PHP installation is working fine.\n\n\n";'

Jika sampai skrip yang terakhir tidak ada masalah maka server anda sudah berjalan dengan baik.

Sampai disini dulu artikel kali ini, lihat artikel sejenis lainnya dikategori free stuff atau blog walk. Jika ada pertanyaan, komentar ataupun saran, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini.

 

Salam, JJ.

 

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *