Tips mempercepat Performance Windows anda tanpa software tambahan – Bagian II (Fitur Bawaan)

Pada artikel sebelumnya saya telah menulis tentang bagaimana cara mempercepat performansi windows dengan cara menonaktifkan service yang tidak perlu. Kali ini, saya akan menuliskan tips lanjutannya yang melibatkan fitur-fitur bawaan pada windows. Langsung saja,

Ready Boost

Fitur ini sudah menjadi bawaan di Windows 7. Untuk dapat memanfaatkan fitur ini, anda perlu menyiapkan sebuah flashdisk yang memiliki ruangan cukup, kira-kira 2-4 GB. Saya menyarankan menggunakan flashdisk berukuran 4 GB, sebab saya pun menggunakan ukuran ini dan cukup membantu performa komputer. Caranya: klik kanan pada flashdisk anda, kemudian pilih properties, setelah itu klik pada tab ReadyBoost. Setelah itu ikuti garis merah pada gambar dibawah.

readyboost

Setelah ReadyBoost terbuka, pilih pilihan Use this device kemudian perhatikan bagian Space to reserve for system speed, pada bagian ini perhatikan besarnya kapasitas yang direkomendasikan, jika menurut anda terlalu besar dan anda ingin meninggalkan sedikit space untuk mengisi file lainnya anda dapat mengurangi jumlah ukuran space yang digunakan. Setelah itu klik ok.

Catatan: flashdisk yang digunakan untuk readyboost masih bisa digunakan seperti flash biasa, hanya saja kapasitasnya akan berkurang karena diisi file ReadyBoost didalamnya sesuai dengan ukuran yang kita pilih pada bagian ini. Dan setelah anda menggunakan flashdsik tersebut, anda dapat menggunakannya kembali pada komputer anda tanda, namun anda perlu menghubungkannya tepat pada port USB yang anda gunakan sebelumnya untuk ReadyBoost.

Startup Manager

Salah satu cara mempercepat loading Windows anda adalah dengan me-nonaktifkan aplikasi pihak ketiga didalam fitur startup manager. Caranya, Buka RUN (win + R), ketik msconfig, enter/ok. Setelah itu, pada bagian tab Startup, hilangkan centang pada aplikasi-aplikasi yang tercentang (di-load pada awal komputer dijalankan), kemudian ok/enter.

startup

Power Plan

Power Plan memungkinkan anda untuk mengatur komputer anda dalam kondisi paling prima, sebab kondisi top performance sebuah komputer hanya bisa diperoleh jika anda memiliki suplai daya yang baik pula, namun jika power source anda kurang baik, maka komputer anda dapat dipastikan tidak akan beroperasi dalam kondisi terbaiknya. Untuk mengaktifkannya, anda bisa mengklik icon battery pada Notification Area (sebelah kanan bawah, bergambar batre) kemudian pilih High Performance. Atau bisa juga mengakses Control Panel pada menu Power Options.

poweroptions

Visual Options

Tampilan visual pada komputer anda juga merupakan salah pengguna resource yang paling banyak, sebab disetiap operasi yang dilakukan didalam komputer melibatkan visual style dari windows. Caranya, klik kanan pada My Computer, kemudian pilih Advance System Settings, pada tab Advance bagian Performance, pilih Settings…, setelah itu jendela pengaturan akan terbuka. Seperti gambar dibawah.

Anda bisa memilih mengatur fitur ini sesuai dengan keinginan anda, yang anda perlukan hanyalah memahami arti dari setiap pilihan yang ditulis dalam bahasa Inggris tersebut. Jika anda binggung, anda bisa memilih pilihan Adjust for best performance, namun pada gambar dibawah ada dua pilihan yang saya aktifkan (centang) karena saya membutuhkan fitur Thumbnail yaitu fitur yang menampilkan gambar mini dari media ataupun window bahkan sebelum media tersebut di klik.

advance_visual_setting

Advance Performance Options – Paging File

Ini adalah sebuah trik yang sebenarnya cukup berbahaya, apalagi jika anda berencana mengganti atau menambahkan RAM pada komputer anda, sebab fitur yang mirip dengan ReadyBoost ini memanfaatkan HDD anda menjadi media cache programs atau services. Namun anda tetap dapat mengaktifkannya jika belum berencana mengganti ataupun menambahkan RAM pada komputer anda. Atau anda bisa juga mengaktifkannya untuk sementara, kemudian menonaktifkannya ketika anda ingin mengganti RAM anda.

Cara mengakses pengaturan ini sama dengan mengakses pengaturan visual pada sub bahasan sebelumnya, namun pada tab Advance seperti pada gambar dibawah ini, pilihlah menu Change, kemudian hilangkan tanda centang pada Automatically manage paging file for all drives. Ini karena secara otomatis Windows akan mengatur Paging File hanya dari drive tempat system file terinstall, padahal anda bisa juga menggunakan drive yang lain untuk menambah paging file tersebut.

Setelah itu, pilih drive lainnya (bisa lebih dari 1 drive; drive pada gambar adalah drive z) kemudian pilih System managed size, kemudian klik Set. Kemudian Ok pada semua jendela yang terbuka. Setelah itu, anda perlu me-restart komputer anda untuk dapat merasakan efek dari pengaturan ini.

virtual-memory

Sekian dulu untuk artikel kali ini, jika ada pertanyaan, saran ataupun koreksi, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

salam, r4ndieL

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *