Tips mempercepat Performance Windows anda tanpa software tambahan – Bagian III (Menghapus File sampah)

Ini adalah seri ketiga tips mempercepat Performance windows, sedangkan bagian I dan bagian II dapat anda baca pada artikel sebelumnya.

Kali ini adalah tentang bagaimana menghapus file sampah, yaitu berupa temporary file yang sebenarnya bersifat opsional serta file-file sisa yang tidak terhapus dari aplikasi-aplikasi yang pernah anda hapus (uninstall) dari windows anda. Selain itu ada juga beberapa program yang sebenarnya tidak diperlukan dan biasanya terinstall secara otomatis ketika anda menginstall aplikasi lain contohnya ask toolbar, pandora service, Driver Pack Notifier dan sebagainya, dan ada juga (mungkin saja) file virus win32 yang marak sekarang ini muncul dan bisa memperlambat performance windows anda namun untuk hal ini akan saya bahas pada artikel lain.

Temporary Files

Salah satu yang membuat performa windows anda menjadi lambat adalah banyaknya file dan folder, dan diantara file dan folder tersebut ternyata ada banyak yang tidak digunakan, dan biasanya terdapat didalam folder temp. Untuk mengaksesnya buka explorer C:/Users/[nama user anda]/appdata/local/temp

temp

Kalau anda tidak mendapatkan folder appdata setelah membuka folder [nama user anda], anda dapat memilih menu Organize -> Folder and search options atau anda bisa juga menekan tombol alt ketika sementara berada didalam explorer, kemudian klik tools dan pilihlah folder options.

folder_optfolder_opt2

Kemudian setelah jendela Folder Options terbuka, pada bagian View, pilih Show hidden files and folders, kemudian hilangkan centang pada Hide protected file system (recommended) (Sebenarnya pilihan ini tidak dibutuhkan sekarang tetapi dalam rangkaian pembersihan ini, dihilangkan centangnya saja, setelah selesai pembersihan barulah anda dapat mencentangnya kembali.

folder_opt_opened

Setelah langkah ini, kembali buka folder temp seperti diatas, kemudian hapus semua file dan folder yang ada didalamnya, jika ada peringatan yang muncul bahwa file atau folder tersebut tidak dapat dihapus maka di skip saja, karena windows sementara menggunakan file tersebut.

Perihal file dan folder didalam folder temp ini sebenarnya dibutuhkan oleh windows ketika menginstall atau melakukan perubahan pada instalasi aplikasi, namun jika anda menyimpan file master dari aplikasi yang anda install maka sebenarnya anda tidak membutuhkan file tersebut didalam folder temp ini.

Catatan: setelah menghapus file didalam folder temp ini, pastikan didalam Recycle Bin anda juga dikosongkan, dalam beberapa kasus, ada beberapa orang yang tidak pernah menghapus file junk didalam Recycle Bin-nya, padahal file didalam Recycle Bin ini masih tetap terhitung ukurannya, ini dikarenakan kapasitas Recycle Bin merupakan bagian dari masing-masing partisi yang ada didalam komputer anda.

Menghapus History dan Cache Browser

Selain folder temp, browser yang anda gunakan juga mengkonsumsi kapasitas Harddisk anda. Cache browser memang bagus ketika anda akan mengunjungi kembali situs yang pernah anda kunjungi sebab dengan adanya Cache, situs tersebut dapat di-loading dengan lebih cepat. Namun jika anda punya koneksi internet yang cepat, maka tentu cache tersebut sebenarnya bisa dikosongkan. Untuk mengosongkannya, maka buka browser yang anda gunakan seperti Google Chrome ataupun Mozilla atau Internet Explorer, (Untuk tips kali ini saya gunakan Google Chrome, prinsipnya sama saja dengan Mozilla Firefox) kemudian pada bagian menu (Jika anda tidak menemukannya, cukup tekan tombol ALT pada keyboard anda ketika anda sementara berada pada browser anda maka tombol menu akan aktif) pilihlah tab setting (pada Mozilla adalah tab Options) kemudian pada bagian Privacy pilih Clear Browsing Data,

browser

kemudian pilihlah pilihan yang anda ingikan untuk dibersihkan, contohnya seperti gambar berikut ini.

browser2

Anda tidak perlu mencentang pilihan Passwords & Autofill form data, jika anda menggunakan komputer pribadi dan telah menyimpan Password dan username untuk situs-situs yang membutuhkan login account anda. Sedangkan pada bagian awal silahkan tentukan anda ingin menghapus riwayat jelajah hingga berapa lama ke belakang, satu jam, 24 jam, 1 minggu atau semuanya, terserah pada anda sendiri.

Menghapus File dan Folder Instalasi aplikasi yang sudah di-Uninstall.

Ada beberapa aplikasi yang sudah pernah anda hapus dari komputer anda namun masih meninggalkan jejak folder dan file yang tidak dihapus oleh uninstaller. Untuk menghapusnya anda bisa mengecek folder C:/Program Files, C:/Program Data, C:/Users/[nama_user]/Local, LocalLow dan Roaming,

unins_folders

Didalam Folder-folder ini, anda akan menemukan banyak sekali folder baik itu yang programnya masih terinstall maupun yang sudah tidak. CATATAN: Anda hanya boleh menghapus file atau folder yang sudah tidak terinstall lagi didalam komputer anda, dan saya menyarankan agar tidak menghapus folder apapun yang tidak anda ketahui dari mana datangnya.

Menghapus Instalasi Aplikasi yang tidak penting.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa ada aplikasi yang terinstall ke dalam komputer kita ketika kita menginstall aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut di-bundle menjadi satu dengan aplikasi lainnya karena alasan Iklan Sponsor, bahkan bisa jadi Malware. untuk mengeceknya silahkan buka Control Panel -> Add and Remove Programs, kemudian cek kemungkin aplikasi/program yang tidak pernah anda kenal dan memiliki nama yang asing ditelinga anda. (Ingat, ada aplikasi yang secara langsung tidak anda gunakan namun penting bagi komputer anda). Jika anda memiliki koneksi internet, anda dapat mencari deskripsi masing-masing aplikasi yang terinstall didalam komputer anda, kemudian anda akan melihat mana yang penting dan mana yang tidak. Jika menemukan aplikasi yang asing, anda dapat langsung menghapusnya.

uninstall

Selain itu, anda dapat memperhatikan Publisher manakah sumber aplikasi tersebut, jika program tersebut bersumber pada publisher yang mencurigakan, anda dapat menghapusnya setelah mencari deskripsi publisher tersebut di internet. Contoh aplikasi yang dapat anda hapus (dan beberapa merupakan malware) adalah Anysend, Shopperz, Pandora Service, ask toolbar, mozilla maintenance, mcafee security scan, baidu (jika anda tidak mengingat pernah menginstallnya),

CCleaner

CCleaner adalah adalah sebuah program yang bisa dibilang melakukan pembersihan komputer dengan sangat baik, bahkan memiliki beberapa tambahan fitur yang juga sangat baik untuk digunakan dalam menjaga performa komputer, anda hanya perlu menjalankannya sekali dalam seminggu saja sudah cukup untuk merawat komputer anda. Saya merekomendasikan aplikasi ini karena selain ukurannya yang kecil dan mampu membersihkan file sampah dengan sangat baik, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan Registry Cleaner, Uninstaller, Startup, Disk Analyzer, Duplicate Finder, System Restore dan Drive Wiper. Dan fungsi-fungsi ini sudah sangat cukup dalam menjaga komputer anda tetap dalam kondisi terbaiknya. Untuk mendowloadnya silahkan klik link download CCleaner ini.

ccleaner

Ada juga beberapa program dengan fungsi yang sama bahkan lebih banyak dibanding CCleaner ini, namun, pengalaman saya, program-program maintenance komputer dengan banyak sekali fitur justru memakan resource komputer lebih banyak dari yang seharusnya, itulah sebabnya hingga hari ini saya masih bertahan menggunakan CCleaner.

Sekian dulu untuk artikel kali ini, saya akan kembali lagi dengan artikel berisi tips-tips lainnya. Jika ada pertanyaan, saran ataupun koreksi terhadap artikel ini, silahkan tinggalkan komentarnya.

Salam, r4ndieL.

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *