Wappalyzer – Addon browser untuk deteksi site engine.

Wappalyzer, dibuat oleh Elbert Alias dan menurut situs resminya adalah ekstensi browser seperti mozilla dan google chrome yang dapat digunakan untuk mengetahui teknologi apa saja yang digunakan dalam sebuah website. Ekstensi ini dapat mendeteksi CMS apa yang digunakan, platform untuk eCommerce, Server situs, JavaScript framework, alnlytics tools dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, anda dapat mendeteksi software-software yang digunakan oleh situs yang anda kunjungi.

Jika kita berkunjung ke situs resmi Wappalyzer, kita akan menjumpai tren penggunaan software oleh website, apa saja yang paling banyak digunakan berdasarkan kategori. Untuk periode 6 bulan sampai dengan ditulisnya artikel ini, kira-kira ada 822 software yang berhasil dideteksi oleh Wappalyzer di lebih dari 162 juta situs, sangat banyak bukan.

Berikut ini cuplikan penggunaan software yang terdeteksi berdasarkan kategori softwarenya pada situs resmi Wappalyzer.

wappalyzer-site

dari sini dapat kita lihat berapa banyak situs yang menggunakan software-software ini dan berapa kali dideteksi oleh Wappalyzer.

Ada juga bagian market share untuk deteksi platform eCommerce ditampilkan dalam bentuk pie chart. yang menjelaskan tentang jumlah platform eCommerce yang digunakan oleh situs-situs penjualan didunia internet.

marketshare

Penggunaan dan Instalasi

Cara menginstallnya cukup mudah jika anda sudah terbiasa dengan menginstall add on browser. Installasi bisa dilakukan dari halaman extensions pada browser jika menggunakan firefox, atau dengan menginstall melalui web app store jika menggunakan google chrome, tetapi bisa juga anda langsung mengunjungi situs resmi Wappalyzer dan download untuk memasang add-on ini di broswer kita.

wappalyzer-download

Penggunaan

Setelah instalasi, maka ekstensi Wappalyzer akan aktif dibagian barisan ekstensi aktif. Untuk menggunakannya, anda cukup mengklik icon yang muncul, kemudian tunggu beberapa saat sebelum ekstensi ini menampilkan engine site yang digunakan seperti contoh pada situs r4ndiel.com ini.

Simbol Wappalyzer jika belum ada situs yang dikunjungi untuk dideteksi dan hasil deteksi Wappalyzer jika anda mengunjungi r4ndiel.com

addon2 addon

Sekian dulu untuk artikel kali ini, jika ada pertanyaan, saran ataupun koreksi terhadap artikel ini, silahkan tinggalkan komentar anda.

Salam, r4ndiel.

 

r4ndiel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *